Nilai-Nilai Pendidikkan Krakter melalui Sikap Ta’dzim (Adab) bagi Peserta Didik (Tela’ah Kitab Ta’lim Muta’alim Karangan Syekh Az-Zarnuji)

Rohmaniah, Alfiatur (2021) Nilai-Nilai Pendidikkan Krakter melalui Sikap Ta’dzim (Adab) bagi Peserta Didik (Tela’ah Kitab Ta’lim Muta’alim Karangan Syekh Az-Zarnuji). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (401kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (252kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (604kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (928kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (458kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (907kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (467kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan usaha seseorang baik itu pendidik, orang tua atau masyarakat, untuk menanamkan akhlak-akhlak yang baik kepada peserta didik agar menjadi manusia yang berguna bagi diri sendiri ataupun lingkungan. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam lingkungan sekolah dimulai dari seorang pendidik, bagaimana seorang pendidik harus memiliki tanggung jawab besar terhadap perkembangan pendidikan karakter peserta didik sebagai bekal hidup di masa depan. Studi ini bermagsudkan untuk menjawab rumusan masalah yaitu: (1) nilai-nilai sikap Ta’dzim apa yang ada di dalam kitab Ta’lim Muta’alim karya Imam Az-Zarnuji pada bab Ta’dzim kepada pendidik? (2) apa relevansi nilai-nilai sikap Ta’dzim kepada pendidik di dalam kitab Ta’lim Muta’alim karya Imam Al-Zarnuji terhadap pendidikan karakter dalam pendidikan sekarang?. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter Ta’dzim dan relevensinya nilai-nilai pendidikkan karakter Ta’dzim kepada peserta didik dalam kitab Ta’lim Muta’alim karya Syekh Az-Zarnuji . Penulisan ini menggunakan jenis penelitian pustaka (Library research). Adapun pendekatan penulisan ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data utama digunakan adalah kitab Ta’lim Muta’alim karya Syekh Az-Zarnuji diterbitkan oleh Nurul Iman Semarang dan ditambah beberapa buku yang relevan dengan kitab tersebut. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi. Dan tahab analisis data dengan menggunakan metode analisis isi (Content analysys). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) nilai-nilai sikap Ta’dzim apa yang ada di dalam kitab Ta’lim Muta’alim karya Syekh Az-Zarnuji pada bab Ta’dzim kepada pendidik, yakni sopan-santun, berakhlak, hormat, ikhlas, cinta, dan menganggungkan (2) mengetahui relevansi nilai-nilai sikap Ta’dzim di dalam kitab Ta’lim Muta’alim karya Syekh Az-Zarnuji pada bab Ta’dzim kepada pendidik terhadap pendidikan karakter dalam pendidikan sekarang ini. Sikap Ta’dzim yang dilakukan oleh peserta didik tidak secara umum bersikap seperti di kitab Ta’lim Muta’alim, karena dengan kondisi zaman yang sudah berbeda seperti bersikap biasa di depan pendidik tanpa harus menundukkan kepala, boleh berjalan di depan pendidik tapi tetap bersikap sopan, bertanya kepada pendidik sampai faham, memberikan isyarat kepada pendidik selama proses pembelajaran sudah tidak nyaman, tidak boleh memberikan hadiah, dan tidak boleh bersalaman ketika bertemu dengan pendidik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penanman, Pendidikan Karakter, Sikap Ta’dzim
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Nov 2021 02:00
Last Modified: 22 Nov 2021 02:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5947

Actions (login required)

View Item View Item