Pengaruh Media Pembelajaran Pohon Pintar Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas V Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus

Rosalia, Riska (2021) Pengaruh Media Pembelajaran Pohon Pintar Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas V Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (378kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (647kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (713kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (682kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (922kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (375kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (480kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini diantaranya adalah: Pertama, Untuk mengetahui perencanaan penggunaan media pembelajaran pohon pintar pada mata pelajaran Fiqih kelas V di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus. Kedua, Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran pohon pintar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas V di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus. Ketiga, Untuk mengetahui seberapa baik hasil penerapan media pembelajaran pohon pintar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas V di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen yaitu nonequivalent control group design dengan pengukuran pretest-posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: metode tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus. Analisis data statistik yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media pembelajaran pohon pintar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih, dimana setelah mendapatkan treatmen kelas eksperimen mendapatkan nilai mean sebesar 88,4 sedangkan nilai mean kelas kontrol sebesar 76,4. Dari hasil uji hipotesis menunjukkan thitung ≤ ttabel = 0,00 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran pohon pintar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pohon Pintar, Hasil Belajar, Fiqih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Nov 2021 01:34
Last Modified: 23 Nov 2021 01:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5961

Actions (login required)

View Item View Item