Pengaruh Blended Learning Berbasis Elektronik Modul Pada Materi Ekosistem Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2020/2021

Rahmawati, Aulia (2021) Pengaruh Blended Learning Berbasis Elektronik Modul Pada Materi Ekosistem Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (382kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (415kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (516kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (584kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (428kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (297kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (485kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran blended learning berbasis elektronik modul pada materi Ekosistem di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2020/2021; 2) untuk mengetahui seberapa tingkat motivasi belajar Siswa di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2020/2021; 3) untuk mengetahui tingkat pengaruh Blended Learning Berbasis Elektronik Modul Pada Materi Ekosistem Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Designs dalam bentuk Intact-Group Comparison. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas X IPA yang terdiri dari 2 kelas. Kemudian kedua kelas tersebut dibuat sampel dengan teknik nonprobability sampling jenis sampling jenuh. Kemudian data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan satatistik inferensial menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif terhadap pembelajaran blended learning berbasis elektronik modul terhadap motivasi belajar peserta didik, yakni dibuktikan dari data uji hipotesis menggunakan Uji Independent T- Test diperoleh nilai t hitung adalah 2,749 dan nilai t tabel adalah 2,002. Oleh karena mean t hitung > t tabel (2,749 > 2,002), atau nilai t hitung= 2,749 terletak di luar range -2,002 sampai +2,002. Dengan demikian maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada perbedaan antara rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbasis elektronik modul terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning Berbasis Elektronik Modul, Motivasi Belajar Siswa, Mata Pelajaran Biologi Bab Ekosistem.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Nov 2021 01:55
Last Modified: 23 Nov 2021 01:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5964

Actions (login required)

View Item View Item