Tho’ati, Tho’ati (2021) Strategi Pembelajaran Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Thaharah di SMP. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (980kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (292kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (394kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (825kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (278kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (456kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (188kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (379kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Strategi Pembelajaran Pengembangan Pendidikan Karakter peserta didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Thaharah, 2) Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Penerapan Strategi Pembelajaran Pengembangan Pendidikan Karakter peserta didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Thaharah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library research), dimana data diperoleh dari buku, jurnal penelitian, skripsi terdahulu dan artikel lainnya. Hasil penelitian, setelah data-data yang didapatkan terkumpul dan dianalisis maka memperoleh 2 hasil penelitian yaitu: 1). Strategi pembelajaran pengembangan Pendidikan karakter pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi thaharah yaitu: Strategi yang diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi thaharah peneliti memilih strategi pembelajaran contextual teaching and learning dan strategi pembelajaran problem based and learning. Strategi contextual teaching and learning peserta didik bisa dengan mudah mengaitkan antara materi yang disampaikan dengan kehidupan nyata mereka, dengan cara mempraktikkan langsung materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Strategi pembelajaran problem based learning yang melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran aktif serta berpusat kepada peserta didik, sehingga mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah secara mandiri. Pembelajaran problem based learning dapat pula dimulai dengan melakukan kerja kelompok antar peserta didik. 2). Faktor Pendukung dan Penghambat Penerapan Strategi Pembelajaran pengembangan pendidikan karakter peserta didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Thaharah. Faktor pendukung strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning ialah faktor peserta didik, faktor pendidik, faktor lingkungan. Faktor penghambatnya dalam proses penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning sendiri terdapat pada pengajar yang kurang memahami strategi tersebut. Faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi thaharah. Faktor pendukung pada strategi pembelajaran Problem Based Learning adalah kurikulum yang digunakan, sarana dan prasarana termasuk multimedia, kreativitas guru, dan kondisi lingkungan. Faktor penghambatnya adalah kesulitan memunculkan ide siswa, ketersediaan waktu yang kurang, dan perbedaan pemahaman peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran, Pendidikan karakter, Pembelajaran PAI |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 02:07 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 02:07 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5967 |
Actions (login required)
View Item |