Ulyamillati, Naily (2021) Implementasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MtsN 2 Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Masters thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (482kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (285kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (481kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (779kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (342kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (823kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (360kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (394kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) untuk mengetahui implementasi pada proses pembelajaran dalam jaringan (daring) pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Rembang. 2) untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dalam jaringan (daring) pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 2 Rembang. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pada proses pembelajaran dalam jaringan (daring) pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Rembang.Untuk menggali peran lembaga dalam memberdayakan faktor pendukung dan meminimalisir faktor penghambat dari implementasi pada proses pembelajaran daring pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yang bersifat kualitatif deskriptif. Sumber dalam data penelitian ini adalah sumber data priber dan sumber data sekunder.Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran dalam jaringan (daring) pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 2 Rembang Sebelum dilakukannya kegiatan pembelajaran daring, perlu adanya persiapan yang matang agar kegiatan pembelajaran daring bisa berjalan dengan baik, persiapan yang dilakukan guru antara lain dengan menyiapkan RPP, media pembelajaran seperti (handphone dan kuota internet), laptop, buku ajar akidah akhlak dan membuat materi atau lembar kerja dan evaluasi. Pelaksanaannya guru menggunakan media e-learning, zoom, whatsapp dan metode door to door. 2) efektivitas pembelajaran dalam jaringan (daring) pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 2 Rembang Pembelajaran daring kurang efektif, karena peserta didik hanya mengerjakan tugas. Solusinya dengan menerapkan pembelajaran tatap muka dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan. 3) faktor penghambatnya antara lain yaitu sinyal HP, borosnya kuota internet, dan ada yang tidak memiliki HP dikarenakan keterbatasan ekonomi. Adapun faktor pendukungnya adalah membuat siswa lebih disiplin dalam belajar walaupun dilakukan secara daring di rumah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Covid-19, Pembelajaran Daring, Akidah Akhlak |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 02:45 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 07:16 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5972 |
Actions (login required)
View Item |