Study Komparasi Antara Metode Qiroati Dan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPQ Matholibul Ulum II Kedungsari Gebog Kudus Dan TPQ Baiturrahman Mejobo Kudus

Rahmawati, Lia Nur (2021) Study Komparasi Antara Metode Qiroati Dan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPQ Matholibul Ulum II Kedungsari Gebog Kudus Dan TPQ Baiturrahman Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (801kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (519kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (279kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (471kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (169kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)

Abstract

Islam dituntut untuk selalu membaca dan mempelajari Al-Qur’an sesuai dengan tajwid dan makhorijul hurufnya sejak masih kecil sebagai bekal dan pedoman hidup dimasa depan. Maka diperlukan sebuah metode pembelajaran Al-Qur’an yang cocok untuk anak TPQ. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pembelajaran qiroati dan yanbu’a. Landasan teoritis yang melandasi penelitian ini adalah kemampuan membaca Al-Qur’an, metode pembelajaran, serta metode qiroati dan yanbu’a. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus (Case Studies). Data yang diperoleh dari penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dan berdasarkan data yang diperoleh tersebut peneliti mendeskripsikan dan menggunakan apa adanya hasil temuan di lapangan. Hasil penelitian ini adalah implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode qiroati dan yanbu’a, dilaksanakan berdasarkan target pembelajaran dan prinsip-prinsip pembelajaran metode qiroati dan metode yanbu’a. sedangkan perbandingan efektivitas metode qiroati dan metode yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an berdasarkan penelitian terdapat perbedaan antara metode pembelajaran qiroati dan metode pembelajaran yanbu’a. ada beberapa perbedaan setelah dibandingkan, diantaranya : segi waktu, pendekatan, jumlah kelompok, kesulitan dalam proses pembelajaran, menyikapi santri yang mengalami hambatan, dan pencapaian target

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: study Komparasi, pembelajaran Al-Qur’an, metode qiroati, metode yanbu’a
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Nov 2021 07:44
Last Modified: 23 Nov 2021 07:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5976

Actions (login required)

View Item View Item