Urgensi Pembelajaran Kitab Al-Faraid As-Saniyyah Sebagai Upaya Penanaman Nilai-Nilai Islam Moderat Bagi Peserta Didik Di Ma Nu Tbs Kudus

Rohman, Fatkhur (2021) Urgensi Pembelajaran Kitab Al-Faraid As-Saniyyah Sebagai Upaya Penanaman Nilai-Nilai Islam Moderat Bagi Peserta Didik Di Ma Nu Tbs Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (472kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (353kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (570kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (806kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (320kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (847kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi semakin meluasnya ideoloi radikal di lingkungan masyarakat, hal ini terbukti dengan maraknya aksi-aksi terorisme yang belakangan ini sering terjadi, untuk itu penanaman nilai islam moderat sangat dibutuhkan sebagai benteng bagi peserta didik dari faham-faham menyimpang tersebut. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Bagaimana metode pembelajaran kitab Al-Faraid As-Saniyyah di MA NU TBS Kudus, Bagaimana nilai-nilai Islam moderat yang terkandung dalam kitab Al-Faraid As-Saniyyah karya KH. Sya’roni Ahmadi, serta untuk mengetahui dan menganalisis Bagaimana relevansi pembelajaran kitab Al-Faraid As-Saniyyah terhadap penanaman nilai-nilai Islam moderat bagi peserta didik di MA NU TBS Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan penelitian kualitatif di MA NU TBS Kudus. Subyek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru Bimbingan Konseling, guru pengampu pembelajaran kitab Al-Faraid As-Saniyyah dan dua peserta didik kelas XI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam proses pembelajaran kitab Al-Faraid As-Saniyyah metode yang digunakan adalah metode bandongan, yang dalam penyampaian materi dikombinasikan dengan pendekatan CTL (contextual teaching and learning). 2) Materi pelajaran yang terdapat dalam kitab Al-Faraid As-Saniyyah berisikan dalil-dalil amaliyah Ahlusunnah Wal Jamaah sebagai implementasi nilai-nilai islam moderat. Hal ini terbukti dalam kitab Al-Faraid As-Saniyyah terdapat materi yang mengajarkan tentang saling menghormati dan menghargai perbedaan. 3) Isi materi dari kitab Al-Faraid As-Saniyyah sangat relevan dengan nilai-nilai islam moderat, dengan adanya pembelajaran kitab Al-Faraid As-Saniyyah peserta didik dapat lebih bersikap toleran dan meluaskan pandangan peserta didik berkaitan dengan perbedaan-perbedaan yang terjadi di masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kitab Al-Faraid As-Saniyyah, Penanaman Nilai-nilai Islam Moderat
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Nov 2021 08:05
Last Modified: 23 Nov 2021 08:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5979

Actions (login required)

View Item View Item