Analisis Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Pada Bab Puasa Melalui Metode Teams Games Tournament (TGT) di MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak Tahun Pelajaran 2020-2021

Yusuf, Fais Kholilu (2021) Analisis Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Pada Bab Puasa Melalui Metode Teams Games Tournament (TGT) di MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak Tahun Pelajaran 2020-2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (389kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (549kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (635kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (501kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (737kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (423kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode TGT dalam peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih pada bab puasa di MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak dan 2) Untuk mengetahui tingkat hasil belajar mata pelajaran fiqih pada bab puasa melalui metode TGT di MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen murni. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelompok, kelas VIII1 berjumlah 24 peserta didik sebagai kelompok ekperimen dan kelas VIII2 berjumlah 22 peserta didik sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data yang dipakai adalah uji independen t-tes dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan metode TGT dalam peningkatan hasil belajar fiqh bab puasa di MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak dilakukan melalui tahapan, yaitu: a) kelas eksperimen terdiri atas pembukaan dan pengenalan alur pembelajaran, mengulas materi, pre-test, pembelajaran TGT dengan membagi kelompok 4-5 anggota, pemberian hadiah, isntrumen TGT,dan post-test; b)kelas kontrol terdiri atas pembukaan, mengulas sedikit materi, pre-test, pembelajaran seperti biasa atau metode lama dan post-test. 2) Terdapat peningkatan signifikan dalam hasil belajar dengan pemakaian metode Teams Games Tournament pada mata pelajaran Fiqh Bab Puasa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pre test ke posttestkelas eksperimen memperoleh nilai mean 78,95 ke 80,58. Dan hasil pre test ke posttest kelas kontrol memperoleh nilai mean 72,86 ke 79,40. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran siswa kelas VIII di MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak melalui teknik TGT hanya beberapa siswa saja yang dapat meningkatkan hasil belajarnya dan sebaliknya justru lebih banyak siswa yang hasil belajarnya meningkat dengan masih menggunakan pembelajaran lama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar Siswa, Pelajaran Fiqh Bab Puasa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:28
Last Modified: 26 Nov 2021 03:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5999

Actions (login required)

View Item View Item