Witanto, Bayu Arya (2021) Pemikiran Ibnu Jama’ah Tentang Etika Peserta Didik (Studi Analisis Dalam Kitab Tadzkirah As-Sami’ Wa Al-Mutakallim Fi Adab Al-Alim Wa Al Muta’allim). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1 DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (357kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (338kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (705kB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (458kB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (362kB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (292kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (370kB) |
Abstract
Tujuan penulisan ini adalah 1) Untuk mengetahui pemikiran Ibnu Jama’ah mengenai etika peserta didik dalam Kitab Tadzkirah as-Sami’ Wa al-Mutakallim Fi Adab al-Alim Wa al-Muta’allim. 2) Untuk mengetahui relevansi pemikiran Ibnu Jama’ah mengenai etika peserta didik Kitab Tadzkirah as-Sami’ Wa al-Mutakallim Fi Adab al-Alim Wa al-Muta’allim dengan pendidikan di Indonesia sekarang ini Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian literature atau disebut library research dengan melakukan kajian pada kitab. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi konsep/studi pemikiran tokoh, dalam hal ini penulis menggunakan pemikiran Ibnu Jama’ah mengenai etika peserta didik dalam kitab Tadzkirah as-Sami’ Wa al-Mutakallim Fi Adab al-Alim Wa al-Muta’allim. Hasil analisis pada kitab yang telah dilakukan diketahui bahwa 1) Dalam kitab Tadzkirah as-Sami’ Wa al-Mutakallim Fi Adab al-Alim Wa al-Muta’allim pembahasan mengenai etika peserta didik terbagi menjadi tiga fasal, dan masing-masing fasal terbagi kedalam beberapa pembahasaan. Fasal pertama mengenai etika peserta didik terhadap dirinya sendiri yang terbagi menjadi sepuluh pembahasan. Fasal kedua mengenai etika peserta didik terhadap gurunya yang terkupas tuntas ke dalam tiga belas pembahasaan. Sedangkan, fasal ketiga membahas mengenai etika peserta didik terhadap pelajarannya yang terbagi menjadi tiga belas pembahasan. 2) Pemikiran Ibnu Jama’ah mengenai etika peserta didik secara garis besar cukup relevan dengan konteks pendidikan saat ini, guna menyikapi permasalahan degredasi moral peserta didik. Pemikiran tersebut digagas sebagai pendidikan akhlak yang memuat tiga nilai yaitu nilai religius, nilai moral dan nilai sosial. Ketiga nilai tersebut layak diterapkan pada peserta didik untuk memupuk akhlak dalam diri peserta didik agar dapat beretika dengan baik. Sehingga tujuan pendidikan yang diharapkan mampu tercapai maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika peserta didik, Ibnu Jama’ah, Kitab Tadzkirah as-Sami’. |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Nov 2021 03:56 |
Last Modified: | 26 Nov 2021 03:56 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6005 |
Actions (login required)
View Item |