Implementasi Pembelajaran Kitab Akhlakul Banin Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas VII Dan VIII MTs Tamrinut Thullab Undaan Lor

Muslih, Akhmad (2021) Implementasi Pembelajaran Kitab Akhlakul Banin Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas VII Dan VIII MTs Tamrinut Thullab Undaan Lor. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (709kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (448kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (374kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (795kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (353kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendiskripsikan tentang implementasi pembelajaran kitab Akhlakul Banin dalam pembentukan akhlak siswa serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh guru untuk mengimplementasikan pembelajaran kitab Akhlakul Banin dalam pembentukan akhlak siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan atau field reseach. Untuk lokasi penelitian di MTs Tamrinut Thullab Undaan Lor Kudus dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, BK, Guru kitab Akhlakul Banin, Penjaga Madrasah (marbot) dan siswa kelas VII dan VIII. Uji keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi, yaitu trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber serta member chek. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil data dari penelitian menunjukkan bahwa guru dalam mengimplementasikan pembelajaran kitab Akhlakul Banin dalam pembentukan akhlak siswa kelas VII dan VIII MTs Tamrinut Thullab dalam masa pandemi seperti ini untuk kegiatan awal pembelajaran sudah sesuai prosedur dan standar kurikulum yang ditetapkan Madrasah, Kegiatan inti sudah sesuai dengan rancangan pembelajaran dalam penggunaan media sosial online yang cukup memadai, serta kegiatan penutup yang berisikan pengulangan kembali sebagai bentuk evalusi pembelajaran dan penekanan akhlak siswa . Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses pembelajaran di antaranya dalam faktor pendukung yaitu penggunaan media sosial online sebagai alat pembelajaran, pembelajaran didukung dengan pembelajaran jarak jauh (daring) dan partisipasi guru maupun orang tua dalam mengawasi belajarnya siswa. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu kurangnya pemahaman siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh yang dikarenakan dengan adanya virus covid-19, sinyal yang tidak mendukung dan adanya siswa yang tidak memiliki media pembelajaran seperti Hp, Komputer dan lain sebagainya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran kitab akhlakul banin, Akhlak peserta didik
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2021 01:46
Last Modified: 03 Dec 2021 01:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6015

Actions (login required)

View Item View Item