Munifah, Zakiyyatul (2021) Penggunaan Variasi Reward Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD N Karang Tengah Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (349kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (395kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (512kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (563kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (672kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (272kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (456kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bentuk variasi reward pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD N Karang Tengah Demak. 2) Untuk mengetahui penerapan variasi reward pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD N Karang Tengah Demak. 3) Untuk mengetahui hasil penerapan variasi reward pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD N Karang Tengah Demak. Jenis penelitian ini adalah Field Reserch (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini diantaranya adalah guru wali kelas IV, dua guru wali kelas V, VI, 5 peserta didik kelas V, dan 4 peserta didik kelas VI. Teknik pengumpulan data diperoleh dari metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dianlisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk reward yang diberikan kepada peserta didik sangat bergamam. Bentuk-bentuk reward yang diberikan oleh guru yakni reward angka (nilai tambahan), reward verbal berupa pujian, dorongan, komentar dan ungkapan kekaguman positif, reward nonverbal berupa acungan jempol, dan tepuk tangan, serta reward materi berupa alat tulis dan uang. (2) Penerapan variasi reward pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD N Karang Tengah Demak dilakukan oleh guru berdasarkan peraturan yang telah disepakati bersama yaitu peserta didik menyimak dan memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru, kemudian diakhir pembelajaran akan dilaksanakan tanya jawab. Peserta didik yang mampu menjawab soal-soal dari guru dengan benar dan cepat akan mendapatkan reward tersediri dari guru. (3) Hasil penerapan variasi reward pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD N Karang Tengah Demak terlihat perubahan dari peserta didik yang sebelumnya malas dan tidak rajin menjadi lebih giat untuk meningkatkan belajarnya dengan memberikan sedikit hadiah untuk peserta didik atas capaian belajarnya selama proses mengajar di kelas. Reward yang paling berkesan atau yang paling diminati yang telah diberikan oleh guru kepada peserta didik adalah uang dari pada reward-reward yang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Variasi Reward, Pembelajaran Bahasa Indonesia. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 07:33 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 07:33 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6025 |
Actions (login required)
View Item |