Kreativitas Guru Madrasah Ibtidaiyah Selama Pandemi COVID-19

Shufa, Ilma Lana Faila (2021) Kreativitas Guru Madrasah Ibtidaiyah Selama Pandemi COVID-19. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (517kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (520kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (391kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (372kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (356kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pemahaman guru terhadap kreativitas mengajar selama pandemi covid-19. 2) Bentuk kreativitas guru yang dilakukan selama pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian fenomenology yang disajikan secara deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari wawancara secara virtual dengan 4 guru Madrasah Ibtidaiyah dan 2 guru Sekolah Dasar di Kecamatan Bangsri dan Kecamatan Keling, serta dokumentasi secara online. Data penelitian dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, pengkodingan data dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman guru terhadap kreativitas merupakan memodifikasi suatu hal atau penemuan sesuatu hal baru dengan menggunakan acuan sesuatu yang telah ada yang memberikan sejumlah pengetahuan kepada peserta didik untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan. Guru mengakui bahwa kedudukan kreativitas merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran, khususnya saat kondisi pandemi covid-19 seperti ini, karena kreativitas dapat mempengaruhi minat belajar siswa dan pemahaman siswa dalam pembelajaran. 2) Bentuk kreativitas guru yang dilakukan selama pembelajaran daring, guru berusaha untuk menguasai bidang ilmu teknologi dalam waktu yang singkat demi berlangsungnya kegiatan pembelajaran, mengembangkan kreativitas, memanfaatkan aplikasi sebagai media pembelajaran, menerapkan berbagai macam metode yang efektif dan efisien sesuai dengan materi yang disampaikan, dan memanfaatkan konten-konten kreatif dari berbagai sumber aplikasi. Guru juga mengusahakan agar pembelajaran berpusat pada siswa dan menjadikan siswa sebagai peserta aktif bukan pasif, sehingga siswa akan semangat dalam mengikuti pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Pandemi COVID-19
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2021 07:37
Last Modified: 03 Dec 2021 07:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6026

Actions (login required)

View Item View Item