Keefektifan Blended-Problem Based Learning disertai Video Pembelajaran Integratif terhadap Kemampuan Metakognitif Peserta didik Kelas XI IPA MA Matholi’ul Huda Bugel Tahun Pelajaran 2020/2021

Kulsum, Umi (2021) Keefektifan Blended-Problem Based Learning disertai Video Pembelajaran Integratif terhadap Kemampuan Metakognitif Peserta didik Kelas XI IPA MA Matholi’ul Huda Bugel Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (496kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (383kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (572kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (884kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (674kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (747kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (410kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (468kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: Pertama, untuk mengetahui penerapan blended-problem based learning disertai video pembelajaran integratifpeserta didik kelas XI IPA MA Matholi’ul Huda Bugel Tahun Pelajaran 2020/2021; Kedua: untuk mengetahui seberapa baik kemampuan metakognitif peserta didik kelas XI IPA MA Matholi’ul Huda Bugel Tahun Pelajaran 2020/2021; Ketiga: untuk mengetahui keefektifan blended-problem based learning disertai video pembelajaran integrative terhadap kemampuan metakognitif peserta didik kelas XI IPA MA Matholi’ul Huda Bugel Tahun Pelajaran 2020/2021. Agar tujuan tersebut tercapai, maka peneliti melakukan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain posttest-only control desain. Sampel dipilih melalui teknik sampling jenuh. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA MA Matholi’ul Huda Bugel. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa berdasarkan observasi keterlaksanaan sintaks blended-problem based learning pada pertemuan pertama sebesar 67% dan pertemuan kedua dan ketiga sebesar 100%. Sedangkan berdasarkan rata-rata respon peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran blended-problem based learning sebesar 96,77 atau dalam kategori baik. Sementara itu, rata-rata kemampuan metakognitif peserta didik sebesar 92,33 atau dalam kategori cukup baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang menggunakan uji mann whitney memperoleh hasil sig-(2 tailed) sebesar 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model blended-problem based learning disertai video pembelajaran integratif efektif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif peserta didik kelas XI IPA MA Mathli’ul Huda Bugel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Blended-problem based learning, video pembelajaran integratif, kemampuan metakognitif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:05
Last Modified: 06 Dec 2021 02:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6032

Actions (login required)

View Item View Item