Implementasi Strategi Experiential Learning Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Viii Di Mts Nurul Ulum Tanjunganyar Gajah Demak

Nadhifah, Imroatun (2021) Implementasi Strategi Experiential Learning Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Viii Di Mts Nurul Ulum Tanjunganyar Gajah Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (344kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (627kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (688kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (369kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (544kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (346kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi Experiential Learning dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak, faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi Experiential Learning dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak serta mengetahui solusi dalam mengatasi faktor penghambat implementasi strategi Experiential Learning di MTs Nurul Ulum Tanjunganyar Gajah Demak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang berlokasi di MTs Nurul Ulum Tanjunganyar. Adapun datanya yaitu Kepala Sekolah, guru Akidah Akhlak, dan siswa kelas VIII MTs Nurul Ulum Tanjunganyar. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data, uji ketekunan dan triangulasi. Sedangkan analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi strategi experiential learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Ulum Tanjunganyar menempuh langkah-langkah Tahap perencanaan pembelajaran dengan menyusun sebuah RPP sesuai dengan materi yang diajarkan, Tahap pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari tahap feeling, watching, thinking, dan doing serta Tahap evaluasi pembelajaran yang menggunakan penilaian autentik. 2) Faktor Pendukung Implementasi strategi experiential learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak diantaranya siswa mampu berpendapat dengan gagasan-gagasan yang didapatkan dari pengalaman-pengalamannya sehari-hari, antusiasme siswa yang tinggi, suasana kelas yang kondusif. Sedangkan faktor penghambat diantaranya adanya siswa yang masih kurang percaya diri dalam mengungkapkan pendapatnya, adanya siswa yang kurang memahami materi yang disampaikan, fasilitas yang belum lengkap serta membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menerapkan strategi Eksperiential Learning. 3) Solusi dalam mengatasi faktor penghambat implementasi strategi experiential learning diantaranya memberikan motivasi lebih bagi siswa, melakukan pendekatan khusus, menempatkan siswa yang kurang dalam hal pengalaman ke dalam kelompok yang terdapat siswa yang kaya akan pengalaman, memberikan reward and punnishment serta menggunakan media pembelajaran yang sesuai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Eksperiential Learning, Kecerdasan Emosi.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:37
Last Modified: 06 Dec 2021 02:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6037

Actions (login required)

View Item View Item