Analisis Perbandingan Kelayakan Isi Buku Teks Tematik Terpadu antara Terbitan Kemendikbud dan Erlangga untuk SD/MI Kelas IV Tema 3 Peduli terhadap Makhluk Hidup

Nahari, Ayu Putri (2021) Analisis Perbandingan Kelayakan Isi Buku Teks Tematik Terpadu antara Terbitan Kemendikbud dan Erlangga untuk SD/MI Kelas IV Tema 3 Peduli terhadap Makhluk Hidup. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (357kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (276kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (125kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya persoalan di lapangan tentang buku teks. Semakin kesini semakin banyak muncul permasalahan terkait buku teks, salah satunya permasalahan terkait dengan kelayakan isi buku teks. Tentunya kelayakan buku teks perlu dianalisis lebih lanjut karena tak jarang di lapangan masih ditemukan buku teks yang kurang layak isinya. Apalagi dengan hadirnya buku terbitan swasta yang turut serta difungsikan sebagai sarana pelengkap buku teks dari pemerintah. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan kelayakan isi Buku Teks Tematik Terpadu Terbitan Kemendikbud untuk SD/MI Kelas IV Tema 3 Peduli terhadap Makhluk Hidup (2) Untuk mendeskripsikan kelayakan isi Buku Teks Tematik Terpadu Terbitan Erlangga untuk SD/MI Kelas IV Tema 3 Peduli terhadap Makhluk Hidup (3) Untuk mendeskripsikan perbandingan kelayakan isi antara buku terbitan Kemendikbud dan Erlangga untuk SD/MI Kelas IV Tema 3 Peduli terhadap Makhluk Hidup. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Pengumpuln data dilakukan dengan tiga langkah, yaitu editing (tahap pemeriksaan kembali perolehan data baik dari segi kelengkapan, kejelasan makna, maupun keselarasan makna), organizing (tahap pengorganisiran data yang diperoleh dengan kerangka yang telah ditentukan), finding (tahap menemukan atau analisis lanjutan dengan menggunakan kaidah, aturan, teori, dan metode yang telah ditentukan sehingga ditemukan kesimpulan yang menjawab rumusan masalah yang telah dibuat). Temuan data kemudian dianalisis dengan teknik analisis isi. Kedua buku tersebut nantinya dikomparasikan untuk mendeskripsikan kelayakan isinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kelayakan isi pada buku terbitan Kemendikbud secara keseluruhan sudah dalam kondisi baik. Secara keseluruhan, ketiga subkomponen telah sesuai dengan kriteria penilaian berdasarkan BSNP Tahun 2007. Kelebihan buku ini yaitu dengan ukuran buku yang lebih besar, tulisan tidak terlihat padat/rapat, sehingga aman untuk mata dan mudah dibaca. Kekurangannya pada penggunaan ilustrasi yang kurang konkret, kurang variatif, dan tidak disertai sumber di samping/bawahnya. (2) Kelayakan isi pada buku terbitan Erlangga secara keseluruhan sudah dalam kondisi baik. Secara keseluruhan, ketiga subkomponen telah sesuai dengan kriteria penilaian berdasarkan BSNP Tahun 2007. Kelebihan buku ini yaitu tampilan buku yang lebih menarik, lebih konkret, dan lebih variatif pada ilustrasinya. Ilustrasi dicantumkan sumber di sampingnya. Mata pelajaran disampaikan pada awal pembelajaran meskipun secara tidak langsung. Kekurangannya tulisan terlihat terlalu padat/rapat, sehingga kurang nyaman di mata. (3) Baik buku terbitan Kemendikbud maupun terbitan Erlangga dalam keadaan baik (kelayakan isinya). Kedua buku memang memiliki perbedaan, tetapi tidak terlalu signifikan. Secara garis besar perbedaan dilihat pada penggunaan ilustrasinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Komparasi, Kelayakan Isi, Buku Teks
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:44
Last Modified: 06 Dec 2021 02:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6038

Actions (login required)

View Item View Item