Peran Komunikasi Antara Guru Dengan Siswa Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fikih Kelas VIII Di MTs Negeri 3 Rembang

Amburika, Ariani (2021) Peran Komunikasi Antara Guru Dengan Siswa Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fikih Kelas VIII Di MTs Negeri 3 Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (422kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (287kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (449kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (120kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Upaya komunikasi antara guru dengan siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran fikih kelas VIII di MTs Negeri 3 Rembang;, 2) Peran komunikasi antara guru dengan siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran fikih kelas VIII di MTs Negeri 3 Rembang;, 3) Faktor penghambat peran komunikasi antara guru dengan siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran fikih kelas VIII di MTs Negeri 3 Rembang. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan sampling informan menggunakan sampling purposive, jumlah informan ada 12, adapun informannya yaitu : guru mata pelajaran fikih, kepala madrasah, 4 siswa, 4 wali murid, waka kurikulum, dan komite madrasah. Uji keabsahan data yang digunakan penelitian ini yaitu uji kredibilitas dengan teknik peningkatan ketekunan, triangulasi, dan bahan referensi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya komunikasi antara guru dengan siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran fikih kelas VIII di MTs Negeri 3 Rembang, yaitu: (a) Metode yang digunakan yaitu interaksi multi arah, (b) Adanya timbal balik (feedback) antara komunikator dengan komunikan. 2) Peran komunikasi antara guru dengan siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran fikih kelas VIII di MTs Negeri 3 Rembang, yaitu: (a) Guru menjadi suri tauladan, (b) Guru memiliki potensi yang baik bagi peserta didik. 3) Faktor penghambat peran komunikasi antara guru dengan siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran fikih kelas VIII di MTs Negeri 3 Rembang, yaitu: (a) Kemampuan siswa dalam berbahasa Indonesia masih rendah, (b) Kemampuan seorang siswa yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Motivasi Belajar
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 10 Dec 2021 01:37
Last Modified: 10 Dec 2021 01:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6077

Actions (login required)

View Item View Item