Pengembangan Kecerdasan Verbal Linguistik Melalui Buku Cerita Bergambar (Studi Kasus Di RA Al Istianah Desa Srikaton Kecamatan Kayen Kabupaten Pati) Tahun Pelajaran 2020/2021

Fitriyah, Lailatul (2021) Pengembangan Kecerdasan Verbal Linguistik Melalui Buku Cerita Bergambar (Studi Kasus Di RA Al Istianah Desa Srikaton Kecamatan Kayen Kabupaten Pati) Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (100kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (255kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (105kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (143kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)

Abstract

Kecerdasan verbal linguistik sangalah penting untuk anak usia dini, karena dengan kecerdasan verbal linguistik anak dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan baik. Untuk dapat meningkatkan kecerdasan verbal linguistik, lembaga sekolah harus mempunyai penunjang pembelajaran yang tepat untuk pengembangan kecerdasan verbal linguistik melalui buku cerita bergambar. Penelitian ini membahas tentang pengemabangan kecerdasan verbal linguistik melalui buku cerita bergambar dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat di RA Al Istianah Desa Srikaton Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mendiskripsikan pengembangankecerdasan verbal linguistic melalui buku cerita bergambar di RA Al Istianah Desa Srikaton Kecamtan Kayen Kabupaten Pati. 2) unrtuk mengidentifikasi faktor yang menghambat dan mendukung dalam pengembangankecerdasan verbal linguistik melalui buku cerita bergambar di RA Al Istianah Desa Srikaton Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Jenis pelitian ini adalah pendekatan lapangan (Field Exploration), dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer meliputi kepala RA, guru kelas dan wali murid. Sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumen tentang sejarah berdiri, visi dan misi, stuktur organisasi, daftar guru, daftar anak didik dan dokumen lainnya yang terkait dengan penenlitian. Dimana dalam penelitia ini dilakukan menggunakan Teknik pengumpula data berupa observasi, interview dan dokumentasi yang diperoleh dari responden yang terkait dengan peneltian dan analisis data. Hasil penelitian dapat disumpulkan bahwa: 1) Pengembangan kecerdasan verbal linguistik melalui buku cerita bergambar di RA Al Istianah Desa Srikaton Kecamatan Kayen Kabupaten Pati sangat baik. Dengan menggunakan buku cerita bergambar dapat memberikan stimulus kecerdasan verbal linguistik kepada anak untuk menyimak dan mendengarkan serta tanya jawab saat pelaksanaan bercerita. Dalam pelaksaan bercerita menggunakan buku cerita bergambar guru menyusun langkah-langkah persiapan, dimana menentuan pokok pemasalahan yang akan diceritakan terlebih dahulu, menyiapakan anak didik sebagai pendengar yang menyaksikan jalannya cerita. Kemudian tahap pelaksanaan, setelah tahap persiapan terselesaikan, guru bercerita dengan runtut menggunakan buku cerita bergambar membuka halaman buku satu persatu sampai selesai. Setelah selesai bercerita, kemudian guru bertanya kepada anak didik tentang isi cerita, tokoh dalam cerita, isi gambar dan memberikan anak kesempatan untuk tanya jawab dan kesempatan untuk menceritakan kembali cerita tersebut. 2) Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pengembangan kecerdasan vebal linguistik melalui buku cerita bergambar di RA Al-Istianah Desa srikaton Kecamatan Kayen Kabupaten Pati, faktor pendukung yaitu dapat meningkat kemampuan berbicara anak, memotivasi dan membangkitkan semangat anak serta melatih perkembangan kecerdasan verbal linguistic dalam berkomunikasi secara efektif dan efisien sehingga proses percakapan menjadi komunikatif. Sedangkan penghambatnya yaitu pemahaman anak didik akan menjadi salut ketika crita itu telah terakumulasi dengan cerita lain atau masalah lain. Dan waktu yang sedikit dalam melakukan cerita membuat anak didik dan guru merasa kurang puas dalam pelaksanaan bercerita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Verbal Linguistik, Buku Cerita Bergambar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Dec 2021 02:24
Last Modified: 14 Dec 2021 02:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6120

Actions (login required)

View Item View Item