Strategi Komunikasi Dakwah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Integrasi Kompetensi Dari Rumah IAIN Kudus dalam Pembuatan Poster Pencegahan Covid-19 bertema Islam

Wulandari, Juli Dwi (2021) Strategi Komunikasi Dakwah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Integrasi Kompetensi Dari Rumah IAIN Kudus dalam Pembuatan Poster Pencegahan Covid-19 bertema Islam. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (350kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (542kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (504kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana strategi komunikasi dakwah dalam pembuatan poster bertema Islam. Seperti yang sudah diketahui 2019 ramai tentang wabah Virus Covid-19. Hal ini membuat mahasiswa peserta KKN IK DR IAIN Kudus melakukan pencegahan dengan membuat poster pencegahan Covid-19 yang bertemakan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sekaligus memahami mengenai bagaimana pembuatan poster pencegahan Covid-19 bertema Islam yang dibuat oleh mahasiswa peserta KKN IK DR IAIN KUDUS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan penelitian kualitatif dengan analisis kajian di dunia maya. Subyek penelitiannya adalah pendekatan media sosial instagram milik peserta KKN IK DR IAIN KUDUS yang diambil contoh sebanyak 6 akun. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara via perantara media elektronik, observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan diantaranya; 1) Bahwa strategi komunikasi dakwah yang digunakan oleh mahasiswa KKN IK DR IAIN Kudus adalah dakwah visual melalui media sosial instagram yang sudah sesuai dengan teori yakni mengandung poster propoganda yang bertema Islam. Sekaligus sudah melakukan strategi komunikasi dakwah Islam, sesuai dengan teori yang diungkapkan oleh Kustadi yakni bahwa dakwah adalah proses komunikasi yang bertujuan untuk mengajak orang lain menganut ajaran agama Islam sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadits dan senantiasa tetap dijalan allah SWT. 2) Poster pencegahan Covid-19 bertema Islam dibuat dengan berdasarkan tiga tahap yakni pra-produksi, produksi, pasca produksi juga sudah sesuai dengan kode etik yang dikedepankan oleh peserta KKN IK DR IAIN KUDUS. Pesan yang disampaikan melalui strategi tersebut yakni mengenai selain pentingnya menjaga imun dari Corona Virus Disease dengan cara mematuhi protokol kesehatan, juga menyampaikan pesan dakwah dengan tetap menjaga iman di tengah pandemi, serta berkurban di tengah pandemi, perayaan tahun baru Islam, puasa tarwiyah dan arafah, sekaligus pengetahuan seputar Islam yang dibuat dengan ilustrasi yang menarik yang berisikan potongan ayat suci Al Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah, Poster, Media Sosial
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Dec 2021 02:48
Last Modified: 15 Dec 2021 02:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6133

Actions (login required)

View Item View Item