Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak dengan Karakter Peserta Didik di MTs Walisongo Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020

Said, Aji Nur (2021) Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak dengan Karakter Peserta Didik di MTs Walisongo Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (509kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (352kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (631kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh karakter peserta didik di MTS Walisongo Pecangaan Jepara yang tertanam baik. Supaya karakter peserta didik tetap terjaga dengan baik maka perlu diimbangi dengan kompetensi kepribadian yang baik agar guru dapat mengarahkan dan mendidik peserta didik menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kompetensi kepribadian guru akidah akhlak; 2) karakter peserta didik; 3) Pengaruh kompetensi kepribadian guru akidah akhlak dengan karakter peserta didik di MTs Walisongo Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif karena untuk mengetahui atau pengaruh antar dua variabel atau lebih. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di MTs Walisongo Pecangaan Jepara. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh (census sampling) dengan menggunakan keseluruhan anggota populasi sebagai sampel, yang berjumlah total 65 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Kompetensi kepribadian guru akidah akhlak MTs Walisongo Pecangaan Jepara berada dalam kategori baik dengan nilai mean 84; 2) Karakter peserta didik di MTs Walisongo Pecangaan Jepara berada dalam kategori baik dengan nilai mean 83; 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan anatara kompetensi kerpibadian guru akidah akhlak dengan karakter peserta didik dengan menghasilkan nilai koefisien korelasi r = 0,775 serta memiliki nilai koefisien determinasi sebesar 60%. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kompetensi kepribadan guru akidah akhlak berkontribusi sebesar 60% pada karakter peserta didik di MTs Walisongo Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2019/2020, sementara itu sisianya 40% di pengaruhi oleh variabel-variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian, Karakter Peserta Didik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Dec 2021 06:26
Last Modified: 22 Dec 2021 06:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6207

Actions (login required)

View Item View Item