Implementasi Metode Pembelajaran quantum teaching dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran SKI di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus

Kurniasih, Rahma (2021) Implementasi Metode Pembelajaran quantum teaching dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran SKI di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (367kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (551kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (311kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (464kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran quantum teaching pada mata pelajaran SKI, untuk mengetahui minat belajar peserta didik MTs NU Miftahul Falah, untuk mengetahui hambatan dan solusi dalam pembelajaran SKI dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan lokasi penelitian di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pendidik mata pelajaran SKI dan peserta didik kelas VIII. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul teknik analisis data berupa data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan data verification (menyimpulkan data). Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Implementasi model pembelajaran quantum teaching pada mata pelajaran SKI di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu pendidik menyelipkan humor segar pada awal pembelajaran, pendidik menyampaikan materi, pendidik memberikan pertanyaan kepada salah satu peserta didik, peserta didik menjawab pertanyaan, jika peserta didik menjawab pertanyaan kurang tepat maka pendidik akan menyempurnakan, dan apabila jawaban peserta didik benar maka pendidik dan peserta didik lainya memberikan tepuk tangan. (2) Minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus setelah diterapkan model pembelajaran quantum teaching menghasilkan presentase kategori baik, ditunjukkan dengan adanya lembar observasi variabel minat belajar yang paling dominan adalah mampu terlibat dalam proses pembelajaran dengan hasil presentasi sebesar 84,8 %. Artinya peserta didik sudah dapat terlibat dalam proses pembelajaran ditunjukan dengan keantusiasan mereka, peserta didik mampu menjawab pertanyaan dari pendidik. Kontribusi dari meningkatnya minat belajar juga disebabkan karena kelebihan dari model pembelajaran quantum teaching, yang merupakan model belajar yang mudah diterima dimengerti oleh peserta didik. Sehingga peserta didik disini lebih mudah dalam belajar SKI dan bisa belajar SKI dengan mudah dan menyenangkan. (3) solusi dan hambatan pada pelajaran SKI dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching yaitu Peserta didik tidak terlalu fokus terhadap pembelajaran yang sedang dilaksanakan, mereka merasa bahwa hanya peserta didik yang mendapatkan pertanyaanlah yang harus menjawab pertanyaan, sedangkan yang lainya tidak begitu aktif sehingga tidak berusaha mencari jawaban dari pertanyaan yang saya berikan. Pendidik harus berusaha memberikan pemahaman kepada semua peserta didik bahwa pertanyaan yang diberikan kepada salah satu peserta didik tersebut pada dasarnya ditujukan untuk semua peserta didik, hambatan lainya adalah dibutuhkan jam pembelajaran yang lumayan lama, sehingga mengakibatkan tersitanya jam pelajaran guru berikutnya. Maka pendidik harus bisa memanej waktu pembelajaran dengan sebaik-baiknya agar tidak mengganggu jam pembelajaran berikutnya. Dan yang terakhir sebagian kecil peserta didik masih ada yang berbicara sendiri ketika peserta didik yang mendapatkan pertanyaan menyampaikan jawaban atau pendapatnya. Maka pendidik harus berusaha menegur peserta didik yang ramai sendiri tersebut agar tidak mengganggu konsentrasi teman-temanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Quantum Teaching, Minat Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:50
Last Modified: 27 Dec 2021 02:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6243

Actions (login required)

View Item View Item