Implementasi Media Pembelajaran Zoom Studio dalam Meningkatkan Efektifitas Belajar Fikih Kelas VIII Pada Era Pandemic Covid-19 di MTs Nu Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus

Muhib, Muhammad Rifqi Nurul (2021) Implementasi Media Pembelajaran Zoom Studio dalam Meningkatkan Efektifitas Belajar Fikih Kelas VIII Pada Era Pandemic Covid-19 di MTs Nu Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (596kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (413kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (818kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: (1) Implementasi Media Pembelajaran Zoom Studio dalam Meningkatkan Efektifitas Belajar Fiqih Kelas VIII Pada Era Pandemi Covid-19 di MTs Nu Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus. (2) Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran Zoom Studio dalam Meningkatkan Efektifitas Belajar Fiqih Kelas VIII Pda Era Pandemi Covid-19 di MTs Nu Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus. Penelitian Ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Field research. Yaitu dengan cara peneliti terjun langsung ke lapangan di dalam memperoleh suatu data. Penelitian kualitatif sendiri dimana peneliti sendiri sebagai subyek kunci dalam penelitian atau instrument penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan cara observasi, wawancara dan pengkajian dokumentasi, terhadap fokus penelitian yang ada di MTs Nu Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Implementasi Media Pembelajaran Zoom Studio dalam meningkatkan efektifitas belajar fiqih kelas VIII pada era pandemic covid-19 di MTs Nu Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus, terbentuk dari adanya kerjasama pihak sekolah dalam memunculkan serta mempersiapkan mengenai Zoom studio serta adanya bantuan dari Tim operator di dalam pengoperasiannya dengan aplikasi Zoom Meeting. dari adanya implementasi tersebut berpengaruh dalam meningkatkan efektifitas belajar mata pelajaran fiqih kelas VIII di era pandemi covid-19 di saat Pelaksanaan pembelajaran daring. Dari implementasi media pembelajaran Zoom Studio dapat terjalin interaksi tatap muka guru dan peserta didik didalam pembelajaran sehingga berpengarh baik terhadap siswa disaat berlangsungnya pembelajaran, serta dibuktikan adanya pengevaluasian guru di dalam mengajar dengan media pembelajaran Zoom Studio pada mata pelajaran fiqih di kelas VIII meningkat disbanding menggunakan media sebelumnya, yang dimana dapat diperoleh dari keaktifan siswa, pemberian tugas, lewat UTS dan UAS. (2) Kelebihan dan kekurangan media pembelajaran Zoom Studio dalam meningkatkan efektifitas belajar fiqih pada era pandemi covid-19 di MTs Nu Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus. a) kelebihannya dapat mengembangkan ppengetahuan teknologi di era globalisasi yang memungkinkan pelaksanaan pembelajaran lebih baik, karena terjalin dengan cara tatap muka secara daring di era pandemic. b) kekurangannya, belum tersediannya alat genset di saat terjadi listrik padam, interaksi dalam pembelajaran berlangsung terbatas, serta adanya susah signal dan mmemakan kuota agak boros.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Zoom Studio, Efektifitas pembelajaran, Fiqih, Pandemic Covid-19
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:12
Last Modified: 30 Dec 2021 02:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6280

Actions (login required)

View Item View Item