IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CLASSROOM MEETING PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA NU DARUL HIKAM KALIREJO UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Faidah, Asfiyatul (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CLASSROOM MEETING PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA NU DARUL HIKAM KALIREJO UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (725kB)
[img] Text
02 Abstrak.pdf

Download (378kB)
[img] Text
03 Daftar Isi.pdf

Download (388kB)
[img] Text
04 Bab I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
05 Bab II.pdf

Download (491kB)
[img] Text
06 Bab III.pdf

Download (420kB)
[img] Text
07 Bab IV.pdf

Download (530kB)
[img] Text
08 Bab V.pdf

Download (385kB)
[img] Text
09 Daftar Pustaka.pdf

Download (381kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat secara nyata tentang implementasi model pembelajaran classroom meeting pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kalirejo Undaan Kudus. Fokus penelitian ini dijabarkan menjadi pertanyaan: 1) bagaimana implementasi model pembelajaran classroom meeting pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA NU Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016? 2) apa saja faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran classroom meeting pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA NU Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016? Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian field reseach dan menggunakan pendekatan kualitatif, dan bersifat deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis yang dikembangkan oleh Miles and Huberman dengan proses menganalisis data ada tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Adapun lokasi penelitian dilakukan di MA NU Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus dan penelitian ini dilakukan di kelas X A, XB, dan X C. Hasil dari analisis data dapat diperoleh temuan-temuan dalam penelitian ini sebagai berikut: Pertama, implementasi model pembelajaran classroom meeting pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA NU Darul Hikam antara lain: 1) Siswa lebih aktif dan mudah menerima materi yang diajarkan 2) Kemampuan siswa dalam mengembangkan jati diri meningkat 3) kemampuan siswa dalam mengungkapkan gagasan atau pendapatnya dapat berkembang 4) Siswa memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Kedua, Faktor-faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran classroom meeting pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA NU Darul Hikam, Faktor pendukung antara lain: 1) Komunikasi yang aktif antara guru dan peserta didik 2) Kesiapan siswa dalam menerima materi yang diajarkan 3) Adanya dorongan dan motivasi yang kuat dari para guru 4) Fasilitias ruangan yang memadai. Faktor penghambat antara lain: 1) Masih ada siswa yang belum siap melaksanakan pembelajaran 2) Kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran classroom meeting; Akidah Akhlak
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Feb 2017 03:30
Last Modified: 18 Feb 2017 03:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item