Pengembangan Quizizz Berorientasi Hots Pada Pembelajaran Daring Materi Ekosistem Kelas VII Di SMP 2 Jekulo Kudus

Dewi, Ayu Amaliana (2021) Pengembangan Quizizz Berorientasi Hots Pada Pembelajaran Daring Materi Ekosistem Kelas VII Di SMP 2 Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (799kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (351kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (478kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (761kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (351kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 yang diberlakukan saat ini sangat erat kaitanya dengan keterampilam Higher Order Thinking Skill (HOTS). Salah satu tujuan pembelajaran melalui HOTS adalah untuk meningkatkan proses berpikir tingkat tinggi yang lebih efektif agar siswa dapat menganalisis, mengevaluasi dan menciptakan pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk instrumen penilaian HOTS dan mempermudah guru dalam proses penilaian selama pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti dengan 8 langkah-langkah penelitian dan pengembangan yaitu Potensi dan masalah, Pengumpulan data, Desain produk, Validasi produk, Revisi Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk dan Uji Operasional Lapangan. Data dikumpulkan melalui teknik non-tes (Angket validasi ahli materi; angket ahli media; angket respon guru dan angket respon siswa). Subjek uji coba dilakukan pada 31 siswa Kelas VII G di SMP 2 jekulo Kudus. Hasil penelitian menunjukkan (1) bahwa selama ini guru menggunakan Google Form sebagai media penilaian selama pembelajaran daring (2) Penelitian ini menghasilkan produk berupa instrumen penilaian HOTS yang layak untuk digunakan berdasarkan penilaian dari validator ahli materi dengan persentase rata-rata sebesar 92% dengan kategori “sangat valid”. Validator ahli media dengan persentase rata-rata sebesar 95% dengan kategori “sangat valid”. (3) Respon guru dengan rata-rata persentase sebesar 84% dengan kategori “sangat praktis”, sedangkan rata-rata persentase yang diperoleh dari angket respon siswa sebesar 85% dengan kategori “sangat praktis”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Quiz, Berorientasi HOTS, dan Pembelajaran Daring
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:28
Last Modified: 05 Jan 2022 03:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6324

Actions (login required)

View Item View Item