YULIANTI, YULIANTI (2016) MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MA AL-HIKMAH KAJEN MARGOYOSO PATI. Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (911kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (904kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (906kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (870kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (879kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X MA Al-Hikmah Kajen Margoyoso Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif dari Miles dan Hubermen melalui kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. manajemen bimbingan dan konseling di MA Al-Hikmah Kajen terdiri atas perencanaan, pengorganisasian,pelaksanaan, pengawasan, evaluasi dan semuanya belum dilaksanakan secara optimal. (1) Perencanaan program bimbingan dan konseling terumus dalam program tahunan, semesteran, bulanan, mingguan, dan harian. (2)Pengorganisasian bimbingan dan konseling terkendala pada keterbatasan jumlah ruang bimbingan dan konseling. (3) Pelaksanaan bimbingan dan konseling tidak ada jam khusus dalam kelas, guru bimbingan dan konseling masuk kelas pada saat ada kelas yang kosong. (4) Pengawasan bimbingan dan konseling dilakukan oleh kepala sekolah sewaktu-waktu dan guru bimbingan dan konseling sering berdiskusi dengan kepala sekolah. (5) Evaluasi yang dilakukan meliputi evaluasi proses dan evaluasi hasil. (6) Manajemen bimbingan dan konseling dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X MA karena guru bimbingan dan konseling tidak pernah berhenti memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa,dan selalu mengikuti perkembangannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Bimbingan dan Konseling, Motivasi Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Feb 2017 03:50 |
Last Modified: | 18 Feb 2017 03:50 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/636 |
Actions (login required)
View Item |