Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dari Rumah Siswa Kelas IV SDN 3 Papringan Kudus

Mulyani, Siti Eni (2021) Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dari Rumah Siswa Kelas IV SDN 3 Papringan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (492kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (248kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (447kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini di antaranya adalah: Pertama, Untuk mengetahui upaya guru dan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar dari rumah siswa kelas IV SDN 3 Papringan Kudus. Kedua, Untuk mengetahui kolaborasi guru dan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar dari rumah siswa kelas IV SDN 3 Papringan Kudus. Ketiga, Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat kolaborasi guru dan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar dari rumah siswa kelas IV SDN 3 Papringan Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu berasal dari sumber data primer dan sekunder. Subyek penelitian ini adalah 1 guru kelas IV dan 24 orang tua siswa kelas IV. Data-data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data penelitian dianalisis dengan cara memilah hal-hal pokok (reduksi data), menyajikan data dalam bentuk teks naratif (penyajian data), dan membuat kesimpulan data (penarikan kesimpulan). Sedangkan uji keabsahan data penelitian menggunakan cara triangulasi, dengan cara triangulasi waktu, sumber, dan teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beragam upaya guru dan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar dari rumah siswa kelas IV SDN 3 Papringan Kudus telah dilakukan, yaitu dengan adanya pemberian tugas dari guru serta bimbingan belajar dari orang tua ketika di rumah, serta adanya reward dan punishment bagi siswa ketika belajar dari rumah. Adanya kolaborasi guru dan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar dari rumah siswa kelas IV SDN 3 Papringan Kudus dilaksanakan melalui WhatsApp, yaitu guru memberikan materi dan tugas melalui WhatsApp grup kelas IV, kemudian orang tua mendampingi siswa selama belajar dari rumah. Selain itu, adanya komunikasi antara guru dan orang tua terkait dengan kondisi siswa ketika belajar dari rumah. Adapun faktor pendukung dari adanya kolaborasi ini yaitu bimbingan dari orang tua ketika siswa belajar dari rumah, pemberian nilai dari guru kepada siswa, orang tua yang tidak ingin jika siswa tertinggal pelajaran, dan bantuan kuota dalam memperlancar kegiatan belajar dari rumah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kesibukan masing-masing orang tua dan guru, keterbatasan alat komunikasi yang dimiliki orang tua, dan WhatsApp grup yang disetting hanya admin (guru) saja yang dapat mengirim pesan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kolaborasi Guru dan Orang Tua, Motivasi Belajar, Belajar dari Rumah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Jan 2022 07:23
Last Modified: 12 Jan 2022 07:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6400

Actions (login required)

View Item View Item