Fatimah, Siti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE PAIRED STORYTELLING DAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA NU RADEN UMAR SA’ID COLO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.
Text
cover.pdf Download (3MB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (2MB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
bab1.pdf Download (2MB) |
|
Text
bab2.pdf Download (2MB) |
|
Text
bab3.pdf Download (2MB) |
|
Text
bab4.pdf Download (3MB) |
|
Text
bab5.pdf Download (2MB) |
|
Text
pustaka.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning type paired storytelling dan cooperative script terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran SKI. Tujuan yang pertama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning type paired storytelling terhadap keaktifan siswa. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning type cooperative script terhadap keaktifan siswa. Tujuan yang ketiga adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning type paired storytelling dan cooperative script terhadap keaktifan siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Penulis melakukan studi lapangan di MA NU Raden Umar Sa’id Colo Dawe Kudus yakni pada ruang lingkup kelas X. Dan sampel yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah 61 responden dari 165 siswa. Cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik purposive sampling atau teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier sederhana, dan regresi linier ganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model cooperative learning type paired storytelling dan cooperative script terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran SKI termasuk kategori sedang atau cukup, hasil ini dapat dilihat dari nilai korelasi 0,450. Sedangkan nilai hasil koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,203. Artinya dengan model cooperative learning type paired storytelling dan cooperative script mempengaruhi keaktifan siswa pada mata pelajaran SKI dengan nilai sebesar 20,3%. Sedangkan nilai Fhitung diperoleh 7, 386 lebih besar dari Ftabel yaitu 3,15. Maka hipotesis yang peneliti ajukan benar- benar terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Kata kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Paired Storytelling dan Cooperative Script terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Feb 2017 03:43 |
Last Modified: | 18 Feb 2017 03:43 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/641 |
Actions (login required)
View Item |