Munawaroh, Noviatul (2021) Pengembangan Bahan Ajar Komik Pemanasan Global Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Pelajaran IPA Kelas VII MTS di Miftahul Falah Balong Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (332kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (275kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (599kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (641kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (782kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (609kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (332kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (423kB) |
Abstract
Pembelajaran IPA dalam lingkup pendidikan dilaksanakan dengan menitik beratkan proses pembelajaran pada suatu penelitian yang mampu meningkatkan proses berpikir peserta didik terhadap fenomena-fenomena yang ada di alam sekitar. Proses pembelajaran yang efektif terjadi jika peserta didik berperan utama dalam proses pembelajaran. Hal ini sejalan dengan tuntutan abad ke-21, yang mana peserta didik dituntut untuk memiliki kecakapan yang mengarah pada keaktifan, kreatif, inovatif, serta mandiri dalam memecahkan permasalahan yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari dari hal yang sederhana ke arah yang lebih kompleks. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan bahan ajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Bahan ajar yang dikembangkan dapat berupa komik yang mempunyai kekuatan untuk menyampaikan informasi dengan lebih mudah. Oleh karena itu peneliti mengembangkan komik pemanasan global berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk membantu memudahkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu, pendefinisian (Define), perancangan (Design), dan pengembangan (Develop).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengembangkan komik pemanasan global berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS); 2) mengetahui respon pendidik terhadap pengembangan komik; 3) mengetahui keefektifan penggunaan komik dalam proses pembelajaran. Penelitian dilakukan di MTs Miftahul Falah Balong dengan subjek peserta didik kelas VII A. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli media dan ahli materi untuk mengetahui kevalidan media dan materi pembelajaran, angket peserta didik dan respon pendidik, dan soal pretest posttest untuk mengetahui keefektifan komik pemanasan global berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Hasil dari penelitian dan pengembangan diketahui bahwa: 1) Pengembangan bahan ajar komik pemanasan global berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) layak digunakan dalam pembelajaran. Kelayakan produk dari ahli media termasuk dalam kriteria “sangat layak” dengan hasil 89,95%. Kelayakan dari ahli materi termasuk dalam kriteria “sangat layak” dengan hasil 92%. Respon peserta didik pada uji skala kecil sebesar 84,25% dengan kriteria “sangat layak”, sedangkan pada uji coba skala besar mendapat hasil sebesar 87% dengan kriteria “sangat layak”. 2) Respon pendidik terhadap komik yang dikembangkan sebesar 91% dengan kriteria “sangat layak” untuk digunakan. 3) Bahan ajar komik pemanasan global berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) efektif digunakan dalam pembelajaran dengan hasil N-Gain Score sebesar 0,65 dengan kriteria “sedang”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komik, Pemanasan Global, Higher Order Thinking Skills (HOTS) |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 02:07 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 02:07 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6416 |
Actions (login required)
View Item |