Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Adobe Flash Materi Gerak Lurus Kelas VIII Mts Miftahul Huda Watuaji

Muna, Vina Naila (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Adobe Flash Materi Gerak Lurus Kelas VIII Mts Miftahul Huda Watuaji. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI VINA.pdf

Download (82kB)
[img] Text
04 BAB I VINA.pdf

Download (176kB)
[img] Text
05 BAB II VINA.pdf

Download (265kB)
[img] Text
06 BAB III VINA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
07 BAB IV VINA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08 BAB V VINA.pdf

Download (72kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)

Abstract

Minimnya media pembelajaran menjadikan proses pembelajaran monoton dan kurangnya antusias siswa dalam menerima pembelajaran di MTs Miftahul Huda. Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran bertujuan untuk membantu siswa dalam mencerna materi pelajaran secara interaktif, produktif, efektif dan tentunya menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengembangan media pembelajaran fisika berbasis Adobe Flash pada materi gerak lurus kelas VIII, (2) kelayakan media pembelajaran fisika berbasis Adobe Flash pada materi gerak lurus, (3) respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran fisika berbasis Adobe Flash pada materi gerak lurus. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan dari Borg and Gall menggunakan 7 langkah. Instrumen pengumpulan data berupa angket. Analisis data dilakukan dengan bantuan skala Likert. Pengembangan media pembelajaran dinilai oleh ahli media, ahli materi, penilaian guru, serta respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan media pembelajaran fisika berbasis Adobe Flash pada materi gerak lurus melalui tahap potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, uji coba produk, dan revisi produk; (2) media yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran, ditunjukkan dengan hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi yang masing-masing memperoleh hasil presentase 96,92% dan 84,79% dan rata-rata skor masing-masing memperoleh 3,87 dan 3,37; (3) respon dari siswa terhadap pengembangan media pembelajaran fisika dengan hasil kriteria “sangat menarik” dari presentase sebesar 88,45% dan rata-rata skor 3,53

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Adobe Flash, Research and Development
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:40
Last Modified: 17 Jan 2022 02:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6443

Actions (login required)

View Item View Item