Nita, Dia (2021) Remediasi Miskonsepsi Siswa Kelas Viii Pada Materi Hukum Newton Menggunakan Model Poe2we (Prediction, Observation, Explanation, Elaboration, Write, Dan Evaluation) Di Smp Negeri 3 Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (66kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (391kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (352kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (447kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (574kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (586kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (109kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
Abstract
Miskonsepsi bukanlah hal baru dalam dunia pendidikan, tetapi masih sering terjadi bahkan hingga saat ini. Miskonsepsi merupakan gagasan yang salah dalam memahami ilmu pengetahuan, terutama pada ilmu Pengetahuan Alam. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui efektifitas Model POE2WE (Prediction, Observation, Explanation, Elaboration, Write, Dan Evaluation) dalam meremediasi miskonsepsi siswa pada materi hukum Newton. (2) Mengetahui keterlaksanaan remediasi dengan model POE2WE (Prediction, Observation, Explanation, Elaboration, Write, Dan Evaluation) dalam meremediasi miskonsepsi siswa pada materi hukum Newton. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan purposive sampling. Uji normalitas dan uji homogenitas data menunjukkan bahwa data normal dan bersifat homogen. Kelas sample VIII-A sebagai kelompok kontrol yang mendapat perlakuan pembelajaran remediasi menggunakan model konvensional dan kelas VIII-B sebagai kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan pembelajaran remediasi menggunakan model POE2WE . metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) metode tes, (2) metode lembar observasi, (3) dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji N-Gain terdapat perbedaan rata-rata pada kelas kontrol sebesar 0,1424 dan pada kelas eksperimen 0,3080. Pada uji effect size memperoleh nilai 1,04 yang masuk dalam kategori tinggi. Seorang guru dan 32 responden pada lembar observasi menyatakan keterlaksanaan model POE2WE dalam kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran remediasi dengan menggunakan model POE2WE efektif dalam menurunkan miskonsepsi siswa dan pembelajaran terlaksana dengan baik sesuai sintaks model POE2WE
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model POE2WE, Pembelajaran Remedial, Hukum Newton |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 03:01 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 03:01 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6449 |
Actions (login required)
View Item |