Studi Komparasi Metode Kooperatif Jigsaw dan metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VI MI Hidayatul Mubtadi Surodadi Kedung Jepara

Khusna, Thoriqotul (2021) Studi Komparasi Metode Kooperatif Jigsaw dan metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VI MI Hidayatul Mubtadi Surodadi Kedung Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (469kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (498kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (691kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (913kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (601kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (471kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (479kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui hasil belajar peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan dengan menggunakan metode pembelajaran 1 pada mata pelajaran IPA. (2) Mengetahui hasil belajar peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan dengan menggunakan metode pembelajaran 2 pada mata pelajaran IPA. (3) Mengetahui adakah perbedaan hasil belajar peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan antara penggunaan metode kooperatif jigsaw dan metode ceramah pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Exsperimental Design (desain quasi eksperimen). Nonequivalent Control Group Design yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan metode jigsaw (eksperimen) dan penerapan metode ceramah (kontrol) terhadap hasil peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun populasi pada penelitian ini adalah 30 peserta didik dan sampelnya sebanyak 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes, sedangkan dalam menganalisis datanya menggunakan aplikasi SPSS dan Exel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil perolehan nilai rata-rata posttest pada penerapan metode pembelajaran kooperatif jigsaw (eksperimen) yaitu sebesar 90,13 lebih besar dibandingan dengan perolehan nilai rata-rata prettest kelas eksperimen yaitu sebesar 55,47. (2) Hasil perolehan nilai rata-rata posttes pada penerapan metode ceramah (kontrol) yaitu sebesar 72,00 lebih besar perolehan nilai rata-rata preetest 55,73. (3) Dilihat dari nilai posttest kelas eksperimen dan nilai posttes kontrol terdapat perbedaan yang signifikan pada kelas tersebut. Nilai posttes pada kelas ensperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,13 lebih besar daripada perolehan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu sebesar 72,00

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:21
Last Modified: 19 Jan 2022 02:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6484

Actions (login required)

View Item View Item