Optimasi Desain KIT SIMPONI Berbasis Etnosains Proses Produksi Garam Tradisional yang Berorientasi pada Literasi Ilmiah untuk Siswa SMP/MTs

Simponi, Noor Indah (2021) Optimasi Desain KIT SIMPONI Berbasis Etnosains Proses Produksi Garam Tradisional yang Berorientasi pada Literasi Ilmiah untuk Siswa SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (734kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (788kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi sains siswa Indonesia, melandasi pemerintah melakukan perubahan pembelajaran dan inovasi kurikulum. Sejalan memberlakuan kurikulum K13 pada tahun 2013 yang mengacu pada kompetensi dasar yang mengarahkan siswa untuk aktif dan mengespresikan kemampuannya dalam pembelajaran. Sehingga ketersedian media pembelajaran yang tepat sangat dibutuhkan, salah satunya adalah media KIT beroreintasi pada literasi ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengasilkan produk/media pembelajaran dan menganalisis optimasi desain KIT SIMPONI (Sains, yang Interaktif, Multifungsi, Praktis, Otentik, dan berskala miNI) berbasis etnosains proses produksi garam tradisional yang berorientasi literasi ilmiah untuk untuk SMP/MTs. Penelitian menggunakan model 4D dengan penyederhanaan menjadi 3D yaitu (Define, Design, and Develop). Optimasi desain produk diperoleh melalui tiga tahap dan dievaluasi oleh ahli validasi media, materi dan guru. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran KIT SIMPONI (Sains, yang Interaktif, Multifungsi, Praktis, Otentik, dan berskala miNI) sesuai dengan indikator literasi ilmiah dan pembelajaran IPA. Hasil analisis Optimasi desain KIT SIMPONI yaitu; sudah sesuai dan ideal untuk pembelajaran IPA di jenjang SMP/MTs. Berdasarkan persentase hasil validasi ahli media diperoleh 95%, persentase hasil validasi ahli materi diperoleh 100% dan persentase guru diperoleh 100% dengan kategori media pembelajaran sangat tinggi dan sudah sesuai digunakan sebagai media pembelajaran IPA/MTs pada materi klasifikasi materi dan perubahannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: KIT SIMPONI, Etnosains Proses Produksi Garam Tradisional, Literasi Ilmiah,
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:56
Last Modified: 19 Jan 2022 02:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6495

Actions (login required)

View Item View Item