Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kecerdasan Spiritual Dan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Di Mts Miftahut Thullab Cengkalsewu Tahun Pelajaran 2020/2021

Nisa', Siti Novia Aliyatun (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kecerdasan Spiritual Dan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Di Mts Miftahut Thullab Cengkalsewu Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (425kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (621kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (538kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (537kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (608kB)

Abstract

Pembelajaran daring kini diterapkan di MTs Miftahut Thullab Cengkalsewu, dengan kebiasaan di rumah peserta didik sering terlihat mengabaikan tugasnya, dan perilaku yang kurang semestinya. Dari hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran daring di MTs Miftahut Thullab Cengkalsewu Pati Tahun pelajaran 2020/2021, 2) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap kecerdasan spiritual, 3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap prestasi belajar akidah akhlak, 4) Serta untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap kecerdasan spiritual dan prestasi belajar akidah akhlak di MTs Miftahut Thullab Cengkalsewu. Di sini penulis menggunakan metode penelitian untuk mengumpulkan data dengan kuesioner atau angket, observasi, dan metode dokumentasi. Dengan jumlah populasi 160 peserta didik, dan sampelnya adalah 40 peserta didik. Data ini diperoleh dengan menggunakan analisis kuantitatif agar dapat mengetahui pengaruh dari pembelajaran daring terhadap kecerdasan spiritual dan prestasi belajar akidah akhlak. Dari penelitian ini hasilnya adalah perhitungan dari pembelajaran daring dengan mean sebesar 32,789 yang berada diantara skor 29-32 termasuk dalam kategori baik dengan jumlah frekuensi 3 peserta didik. Perhitungan dari kecerdasan spiritual sendiri adalah dengan mean 34,868 berada pada interval 26-30 juga berarti dalam kategori baik, dengan frekuensi 12 peserta didik. Begitupun dengan hasil prestasi belajar juga dalam kategori baik dengan perhitungan nilai mean 74 dan intervalnya pada 72-82 dengan frekuensi 14 peserta didik. Pengaruh pembelajaran daring terhadap kecerdasan spiritual dan prestasi belajar akidah akhlak hipotesis yang diterima adalah dapat dilihat dari nilai perhitungan regresi Y 35+18 X , dalam hal tersebut dilihat dari perolehan nilai koefisien korelasi 0,20 dan memberikan peran terhadap kecerdasan spiritual dengan hasil Y 76+0,48 X, dalam hal tersebut juga bisa dilihat dari perolehan nilai korelasi 0,2 dan memberikan peran terhadap prestasi belajar akidah akhlak. Adanya pengaruh yang signifikan terlihat pada F hitung yang memperoleh nilai sebesar 4 dan lebih besar dari F tabel yang memperoleh nilai 2,85. Begitupun hasil dari pembelajaran daring terhadap prestasi belajar dengan memperoleh nilai 15 dan F tabelnya 2,85, artinya ada pengaruh yang signifikan dan hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, kecerdasan spiritual dan prestasi belajar akidah akhlak
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153.9 Kecerdasan dan Bakat, Intelegensia
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Jan 2022 01:44
Last Modified: 21 Jan 2022 01:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6521

Actions (login required)

View Item View Item