Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring Di Rumah Pada Siswa Kelas VII MTs Tasymirusy Syubban Tedunan Jepara

Lailiyah, Hamrotul (2021) Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring Di Rumah Pada Siswa Kelas VII MTs Tasymirusy Syubban Tedunan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIANN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (353kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (666kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (296kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (997kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)

Abstract

Pada awal tahun 2020 negara Indonesia dikejutkan dengan adanya virus Covid-19. Upaya pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19 sudah dilakukan dengan mengeluarkan kebijakan pembatasan sosial bersekala besar, salah satu berdampaknya ialah instansi pendidikan yang menerapkan kegiatan sekolah melalui pembelajaran daring. Keterlibatan orang tua saat pembelajaran daring ini sangat dibutuhkan untuk membantu membimbing dan mengawasi anak saat belajar. Permasalahan yang ada di kelas VII MTs Tasymirusy Syubban banyak orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga perhatian kepada anak menjadi berkurang. Akibatnya siswa banyak yang mengiraukan kegiatan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pendampingan pembelajaran daring, kegiatan-kegiatan yang mendukung keberhasilan orang tua dalam pendampingan pembelajaran daring, dan untuk mengetahui dampak orang tua terhadap keberhasilan siswa dalam pendampingan pembelajaran daring di MTs Tasymirusy Syubban Tedunan Jepara. Penelitian ini menggunkaan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field reserch. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Setelah data terkumpul dan dianalisis menggunakan tehnik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil peneletian ini adalah 1) Peran Orang tua dalam pendampingan pembelajaran daring pada siswa kelas VII MTs Tasymirusy Syubban Tedunan memiliki empat peran yaitu sebagai pembimbing, sebagai motivator, sebagai fasilitator, dan sebagai pengawas. 2) Kegiatan yang mendukung keberhasilan orang tua dalam pendampingan pembelajaran daring pada siswa kelas VII MTs Tasymirusy Syubban Tedunan yaitu, membiasakan membaca buku, pengawasan waktu belajar, dan pemberian hadiah dan hukuman. 3) Adapun dampak orang tua terhadap keberhasilan siswa dalam pendampingan pembelajaran daring siswa kelas VII MTs Tasymirusy Syubban Tedunan Jepara berdampak baik terhadap hasil belajar anak, yaitu dapat dilihat dari segi kognitif maupun afektif anak, yaitu dari aspek kognitif berdampak pada hasil belajar yang diperoleh anak yang mengalami peningkatan dan dari segi afektif dapat dilihat dari kedisiplinan anak dalam belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Pendampingan, Pembelajaran Daring
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:34
Last Modified: 25 Jan 2022 04:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6542

Actions (login required)

View Item View Item