Hamdan, Mohammad (2021) Pengelolaan Madrasah Swasta Dengan Sistem Patrimonial (Studi Komparasi MI NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu dan MI NU Manafi’ul Ulum 2 Getassrabi Gebog Kudus). Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (136kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (80kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (168kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (155kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (116kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (769kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (82kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui model pengelolaan pendidikan, untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan, dan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan proses dan hasil pengelolaan pendidikan dengan sistem patrimonial di MI NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus dan di MI NU Manafi’ul Ulum 2 Getassrabi Gebog Kudus. Menyampaikan pada tujuan di atas dilakukan penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang berasal dari sumber primer yaitu kepala madrasah, pengurus yayasan, ketua komite dan guru MI NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus dan MI NU Manafi’ul 2 Ulum Getassrabi Gebog Kudus. dan juga literatur buku-buku yang terkait sebagai sumber data sekunder. Sedangkan Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Model pengelolaan pendidikan dengan sistem patrimonial di MI NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus dan di MI NU Manafi’ul Ulum 2 Getassrabi Gebog Kudus adalah model patrimonial tradisional berbasis masyarakat, Pendidikan berbasis masyrakat adalah penyelenggaraan pendidikan berdasarkan potensi masyarakat sebagai perwujudan pendidikan dari, oleh dan untuk masyarakat. Kelemahan pengelolaan dengan sistem patrimonial di MI NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus dan di MI NU Manafi’ul Ulum 2 Getassrabi Gebog Kudus adalah kurang berfungsinya tupoksi, dan tumpang tindihnya jabatan, sedangkan kelebihannya adalah minimnya kontradiksi. Persamaan proses pengelolaan pendidikan dengan sistem patrimonial di MI NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus dan di MI NU Manafi’ul Ulum 2 Getassrabi Gebog Kudus sama-sama menggunakan 8 (delapan) standar nasional pengelolaan pendidikan serta melakukan peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM juga dalam mendapatkan nilai akrteditasi keduanya mendapatkan nilai A. Perbedaan proses antara kedua madrasah tersebut terletak pada punishment, MI NU Manafi’ul Ulum lebih lunak daripada MI NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu. Sedangkan hasil yang diperoleh kedua lembaga adalah Out put atau lulusan MI Manafi’ul Ulum 2 lebih berhasil daripada MI NU Miftahul Ma’arif. Hal ini bisa dilihat dari adanya alumni yang sampai meraih gelar professor sedangkan MI NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu hanya sampai Doktor. Untuk pengembangan tingkatan pendidikan MI NU Manafi’ul Ulum juga lebih banyak dari MI NU Miftahul Ma’arif yaitu mempunyai 14 (empat belas) tingkatan pendidikan yang sudah peneliti sampaikan pada bahasan lain, dan mempunyai 2 (dua) badan usaha pendidikan, sedangkan di MI Miftahul Ma’arif hanya memiliki 4 (empat) tingkatan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, patrimonial, MI NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu, MI NU Manafiul Ulum Getassrabi Gebog Kudus |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 01:46 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 01:46 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6553 |
Actions (login required)
View Item |