Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) berbasis Online WhatsApp Group terhadap Keaktifan Belajar Matematika Peserta didik Kelas X SMK Pelita Japah Blora Tahun Ajaran 2021/2022

Febriatama, Apriska Yonda (2021) Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) berbasis Online WhatsApp Group terhadap Keaktifan Belajar Matematika Peserta didik Kelas X SMK Pelita Japah Blora Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (382kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (345kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (448kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (444kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (640kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (667kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (432kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) berbasis Online WhatsApp Group terhadap Keaktifan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMK Pelita Japah Blora Tahun Ajaran 2021/2022”. Penelitian ini dilakukan untuk mencoba memberikan model yang baru dari model sebelumnya, yang mana penyampaian materi menggunakan metode konvensional, sehingga tingkat keaktifan peserta didik masih belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) berbasis Online WhatsApp Group terhadap keaktifan belajar matematika peserta didik Kelas X SMK Pelita Japah Blora. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design yang dilakukan di SMK Pelita Japah Blora. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Pelita Japah Blora yang terdiri dari kelas Teknik Kendaraan Ringan (TKRO), kelas Teknik & Bisnis Sepeda Motor (TBSM), dan kelas Tata Busana (TB). Sampel yang diambil dalam penelitian ini hanya dua kelas yaitu kelas TKRO dan kelas TBSM. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Data hasil statistik dianalisis menggunakan Independen Samples Test. Hasil uji statistik data diketahui: 1) andanya pengaruh setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) berbasis online whatsapp group terhadap keaktifan belajar matematika peserta didik kelas X SMK Pelita Japah Blora. 2) untuk besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) berbasis online whatsapp group adalah 1,097, didalam tabel interpretasi nilai Cohen’s adalah 84% maka tergolong large (tinggi)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Number Head Together (NHT), WhatsApp Group, dan Keaktifan Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:10
Last Modified: 27 Jan 2022 03:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6572

Actions (login required)

View Item View Item