Pengaruh Media Sosial Whatsapp dan Youtube pada Pembelajaran Fikih di Kelas VIII MTs Mathali’ul Huda Tempur Jepara di Masa Pandemi Covid-19

Nisa’, Desita Wakhidatun (2021) Pengaruh Media Sosial Whatsapp dan Youtube pada Pembelajaran Fikih di Kelas VIII MTs Mathali’ul Huda Tempur Jepara di Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (394kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (777kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (783kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (591kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (769kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (476kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penggunaan media sosial Whatsapp dan Youtube di MTs Mathali’ul Huda Tempur Jepara. (2) Untuk mengetahui pembelajaran fikih di kelas VIII MTs Mathali’ul Huda Tempur Jepara di masa pandemi Covid-19. (3) Untuk mengetahui pengaruh media sosial Whatsapp dan Youtube pada pembelajaran fikih di kelas VIII MTs Mathali’ul Huda Tempur Jepara di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengambilan sampel adalah Nonprobability sampling dengan teknik Sampling jenuh. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas dan linieritas data) dan uji hipotesis (uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi dan uji t). Hasil penelitian menunjukan bahwa media sosial whatsapp dan youtube ini memiliki berbagai fitur yang dapat menunjang penyampaian materi pelajaran, praktis dan mudah diakses, serta media ini sangat sesuai dengan kondisi jaringan yang ada di Desa Tempur. Cara guru menyampaikan materi pelajaran dengan memanfaatkan fitur-fitur dalam whatsapp seperti video, file dokumen, slide show dan link yang diperkuat dengan voice note untuk menjelaskan materi tersebut, guru juga menggunakan berbagai video yang ada di youtube terkait materi yang disampaikan kemudian menguploadnya ke dalam grup whatsapp kelas. Pembelajaran fikih kelas VIII di MTs Mathali’ul Huda Tempur Jepara di masa pandemi covid-19 ini dimulai dengan kegiatan awal yaitu guru memberi salam, tanya kabar, memberi motivasi dan absensi. Kemudian dilanjut kegiatan inti yakni penyampaian materi pelajaran, diskusi dan tanya jawab. Setelah itu masuk ke kegiatan akhir, disini guru memberikan kesimpulan, tugas (jika ada) dan salam. Walaupun penyampaian materi pelajaran fikih ini hanya dengan menggunakan media sosial whatsapp dan youtube tetapi proses pembelajarannya tetap sesuai dengan Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan, yakni tetap memenuhi urutan proses pembelajaran dan menyiapkan RPP. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel media sosial Whatsapp dan Youtube pada variabel pebelajaran fikih di kelas VIII MTs Mathali’ul Huda Tempur Jepara di masa pandemi Covid-19, hal ini dibuktikan dengan pengujian nilai thitung sebesar 2,592 dengan taraf signifikansi sebesar 0,016. Nilai signifikansi menunjukkan bahwa 0,016 < 0,05, sehingga thitung > ttabel (2,592 > 1,711) yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak H0 dan menerima Ha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial Whatsapp dan Youtube, Pembelajaran Fikih.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jan 2022 03:00
Last Modified: 31 Jan 2022 03:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6606

Actions (login required)

View Item View Item