Pembuatan E-book dengan Kombinasi Gambar Kartun pada Materi Sistem Peredaran Darah

Febriyanti, Frisilia (2021) Pembuatan E-book dengan Kombinasi Gambar Kartun pada Materi Sistem Peredaran Darah. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (856kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (621kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (297kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (296kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)

Abstract

Media pembelajaran memiliki manfaat penting untuk menunjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Penelitian ini dilakukan berdasarkan pernyataan guru mengenai penggunaan media pembelajaran berupa Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang kurang meningkatkan respon belajar peserta didik. KBM bersifat monoton, maka perlunya mengembangkan e-book dengan kombinasi gambar kartun. Sehingga mampu meningkatkan respon peserta didik dalam belajar karena dilengkapi ilustrasi menarik. E-book dikembangkan pada materi sistem peredaran darah. Materi tersebut merupakan materi penting yang perlu dipahami peserta didik karena berhubungan dengan proses di dalam tubuh. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis Research and Development (R&D) tipe ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Sedangkan uji coba produk menggunakan uji coba survey. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Subyek penelitian ini yaitu guru biologi dan peserta didik kelas XI MIA 1 yang berjumlah 40anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Pembuatan e-book dengan kombinasi gambar kartun disusun menggunakan aplikasi canva. Pembahasan dalam e-book meliputi penjelasan materi, praktikum, latihan soal, kunci jawaban dan pembahasan. 2) Penggunaan media e-book dengan kombinasi gambar kartun mampu meningkatkan respon peserta didik dalam mempelajari materi sistem peredaran darah. Hasil persentase yang didapatkan 88,6% termasuk kategori sangat baik. Motivasi belajar peserta didik meningkat hal tersebut diketahui dari komentar dalam angket bahwa peserta didik tertarik dengan adanya ilustrasi menarik dan menyajikan gambar yang berhubungan dengan peristiwa dalam kehidupan nyata. Beberapa responden ada yang berpendapat kurang sesuai setelah menggunakan media e-book menurutnya penggunaan e-book dengan bantuan handphone dapat menjadikan mata sakit

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-book, Kartun, Sistem Peredaran Darah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jan 2022 04:47
Last Modified: 31 Jan 2022 04:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6619

Actions (login required)

View Item View Item