Inayah, Rohmatul (2021) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keaktifan Peserta didik dan Kreativitas Peserta didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII MTs Matholi’ul Huda Pati Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (362kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (269kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (589kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (608kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (633kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (798kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (278kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (367kB) |
Abstract
Pembelajaran Matematika cenderung menggunakan model pembelajaran langsung sehingga berakibat pada kurangnya keaktifan peserta didik dan kreativitas peserta didik. Penelitian skripsi ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain post-test only control design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur keaktifan peserta didik dan tes untuk mengukur kreativitas peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Matholi’ul Huda Pati. Sedangkan sampel diambil dua kelas yaitu kelas VIII A yang terdiri dari 20 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B yang terdiri dari 20 peserta didik sebagai kelas kontrol. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji mann-whitney u test untuk menghitung perbedaan keaktifan peserta didik dan kreativitas peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas control pada mata pelajaran matematika. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan signifikan keaktifan peserta didik antara yang menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran matematika. Hal ini berdasarkan pengujian menggunakan uji mann-whitney u test diperoleh Uhitung = 87 dan Utabel = 127. Karena U hitung (terkecil) < U Tabel maka hipotesis diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada perbedaan keaktifan peserta didik antara yang menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran matematika.” (2) Terdapat perbedaan signifikan kreativitas peserta didik antara yang menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran matematika. Hal ini berdasarkan pengujian menggunakan uji mann-whitney u test diperoleh Uhitung = 48 dan Utabel = 127. Karena Uhitung (terkecil) < Utabel maka hipotesis diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada perbedaan kreativitas peserta didik antara yang menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Keaktifan dan Kreativitas |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 03:28 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 03:28 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6647 |
Actions (login required)
View Item |