Laviva, Naiem (2021) Strategi Humas dalam Membangun Citra Madrasah Diniyah Al-Azhar di Desa Mayong Kidul. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (997kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (280kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (572kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (765kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (400kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (576kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (190kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (377kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan teori serta mengungkap dan menjelaskan tentang strategi humas, perubahan citra madrasah dan indikator keefektivitasannya dalam membangun citra Madrasah Diniyah Al-Azhar Mayong Kidul. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam memperoleh data dilakukan dengan kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk menunjang data yang dibutuhkan. Pengambilan sampling informan menggunakan teknik nonprobability sampling. Penentuannya menggunakan purposive sampling. Informan yang dipilih dalam wawancara terdiri tiga orang dianggap paham dan mengerti permasalahan penelitian, yaitu kepala madrasah, humas madrasah dan orang tua santri. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi yang diterapkan humas madrasah dalam membangun citra adalah menciptakan perspektif bagi masyarakat melalui komunikasi langsung. Hasil temuannya berupa 1) madrasah belum memliki program khusus kehumasan, 2) melakukan komunikasi langsung (dari mulut ke mulut), 3) penerimaan dan pemahaman masyarakat terhadap madrasah, 4) melakukan analisis SWOT (Sternghts, Weaknesses, Opportunities, Threats), 5) kesan baik mulai tercipta melalui persepsi yang diciptakan, 6) perubahan minat belajar santri. Dari data yang ditemukan tersebut dengan menciptakan persepsi maka akan terbentuk pula perubahan pada stakeholder, perubahan yang terjadi berbentuk pandangan masyarakat kepada madrasah, mulai adanya perhatian dan pengertian kepada madrasah. Keefektivitasan strategi dapat terwujud dengan adanya persepsi yang telah terbentuk sesuai tujuan. Persepsi yang baik akan menciptakan citra yang baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Humas, Citra |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 04:42 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 04:42 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6658 |
Actions (login required)
View Item |