Implementasi Manajemen Strategik dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI di SMK Assa’idiyyah 2 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Fadhlika, Liya (2021) Implementasi Manajemen Strategik dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI di SMK Assa’idiyyah 2 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (561kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (398kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (509kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (877kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (412kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (625kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (437kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)

Abstract

Implementasi manajemen strategik merupakan pengaplikasian rancangan yang berisi perumusan strategi, penerapan strategi serta evaluasi strategi yang digunakan untuk peningkatan kompetensi pendidik. Kompetensi yang dimaksud yaitu kompetensi pedagogik guru PAI di SMK Assa’idiyyah 2 Mejobo Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen strategik, mengetahui peningkatan kompetensi pedagogik serta faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen strategik dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI di SMK Assa’idiyyah 2 Mejobo Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu mereduksi data, menyajikan data dan mengambil kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi manajemen strategik di SMK Assa’idiyyah 2 Mejobo Kudus diawali dengan melakukan analisis SWOT dan juga berdasarkan análisis kebutuhan sekolah kemudian menghasilkan perumusan strategi yaitu perekrutan pendidik baru khususnya guru PAI sesuai kualifikasi, peningkatan kualifikasi pendidik dan pengembangan kompetensi pendidik. Selanjutnya penerapan strategi adalah dengan melaksanakan apa yang telah dirumuskan yaitu merekrut pendidik baru (guru PAI) sesuai analisis kebutuhan, menyertakan para pendidik dalam pelatihan (workshop) yang diadakan sekolah maupun di luar sekolah juga kegiatan MGMP. Pendidik juga diberikan fasilitas penunjang merupa wifi internet dan buku-buku pegangan untuk pendidik. Kemudian evaluasi strategi yaitu dengan melihat hasil belajar peserta didik, memonitor kehadiran pendidik, kinerja pendidik, kelengkapan administrasi pendidik serta penilaian secara personal dari kepala sekolah. (2) Peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI dilakukan dengan beberapa upaya, yaitu mengikutkan peran guru PAI pada komunitas KKG dan MGMP PAI di Kudus, kepala sekolah memeriksa kelengkapan perangkat pembelajaran, dan kepala sekolah juga berperan untuk melakukan supervisi tiap tahunnya pada guru PAI. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen strategik dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI di SMK Assa’idiyyah 2 Mejobo Kudus ada berbagai faktor, yaitu faktor pendukung dan penghambat. Untuk faktor pendukung dari sisi internal yakni etos kerja dari guru PAI dan dari sisi eksternal yakni lingkungan kerja. Sementara untuk faktor penghambat dari sisi internal yakni komitmen terhadap pengjaran kurang dan dari sisi eksternal yakni terkait dari program MGMP. Meski begitu faktor-faktor penghambat tersebut bisa diatasi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategik, Kompetensi Pedagogik, Guru PAI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Feb 2022 03:05
Last Modified: 10 Feb 2022 03:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6699

Actions (login required)

View Item View Item