Pendidikan karakter peserta didik melalui progam tahfidz Qur’an di SMA Joyo Kusumo Kayen Pati

Hafidz, Mohammad (2021) Pendidikan karakter peserta didik melalui progam tahfidz Qur’an di SMA Joyo Kusumo Kayen Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER - KATA PENGANTAR.pdf

Download (935kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (679kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (612kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (940kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (795kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (808kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (536kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (589kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah melihat pentingnya peran lembaga pendidikan dalam pelaksanaan pendidikan karakter peserta didik sebelum mereka terjun dalam kehidupan masyarakat kelak. Yang mana dalam upaya pendidikan karakter tersebut dilaksanakan melalui progam tahfidz qur’an di SMA Joyo Kusumo. pendidikan karakter melalui progam tahfidz juga bertujuan untuk menjawab ketimpangan-ketimpangan sosial di masyarakat yang dikaitkan dengan asal sekolah atau proses akademisi yang mereka dapat. seperti halnya kasus-kasus yang sering di kritisi masyarakat, membolos, tawuran, rendahnya akhlak dan sopan santun peserta didik dll. untuk menjawab latar belakang tersbut rumusan masalah penelitian ini akan lebih difokuskan pada bagaimana progam tahfidz yang diterapkan sebagai pelaksanaan pendidikan karakter peserta didik SMA Joyo Kusumo, bagaimana aspek-aspek pendidikan karakter progam tahfidz Qur’an di SMA Joyo Kusumo Kayen Pati. dan upaya monitoring Pendidikan karakter peserta didik melalui progam tahfidz Qur’an di SMA Joyo Kusumo Kayen Pati. Sedangkan untuk metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif IPS, dengan jenis penelitian lapangan melalui pendekatan fenomenologi. Adapun pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, Wawancara dan dokumentasi. Dan untuk teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah model analisis data dari Miles dan Huberman, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan diakhiri dengan verifikasi data atau menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter peserta didik melalui progam tahfidz qur’an SMA Joyo Kusumo dirasa sudah tepat. yang mana dalam pendidikan karakter lebih difokuskan untuk membentuk karakter peserta didik “insan Qur’ani”, yang artinya insan adalah manusia dan Qur’ani adalah bertindak dan berpikir sesuai dengan tuntunan Al-qur’an, sehingga “insan Qur’ani” adalah manusia yang dapat bertindak dan berpikir sesuai dengan tuntunan Al Qur’an. dalam mencapai karakter insan Qur’ani, terdapat aspek-aspek pendidikan karakter yang menjadi visi dari SMA Joyo Kusumo yaitu: religius, cerdas, terampil dan berbudi luhur. sehingga nantinya peserta didik lulusan progam tahfidz dapat berperan serta dapat memposisikan diri yang terbaik serta di dalam lingkungan masyarakat masing-masing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Tahfidz Qur’an, Karakter insan Qur’ani
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2022 02:50
Last Modified: 11 Feb 2022 02:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6710

Actions (login required)

View Item View Item