Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Mufidah, Jauha Rotul (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (512kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (621kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (904kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (977kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (978kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (538kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (826kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan pembelajaran daring pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs NU Nurul Huda Kudus. 2) Hasil belajar peserta didik menggunakan pembelajaran daring pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs NU Nurul Huda Kudus. 3) Pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs NU Nurul Huda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa metode yaitu metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus, kemudian diambil sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu yang menjadi sampel adalah kelas VIII Unggulan dengan jumlah 93 peserta didik. Dalam analisis ini, peneliti menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Penerapan pembelajaran daring pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus dalam kategori cukup / sedang dengan nilai skor angket pembelajaran daring diperoleh nilai rata-rata sebesar 81.98. 2) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus dalam kategori baik sekali. Dibuktikan dengan nilai hasil belajar pada raport semester genap pada tabel distribusi frekuensi diperoleh rata-rata hasil belajar dalam kategori baik sekali sebesar 70 %. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran daring terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus. Hal tersebut bisa dilihat dari nilai thitung sebesar 3,085 dengan nilai ttabel 1,661 dan nilai sig 0,00. Hal ini berarti thitung 3,085 > ttabel 1,661 dan nilai sig 0,04 < 0,05 dan diperoleh nilai koefisien determinasi yang dinotasikan dengan R Square sebesar 0,137. Artinya variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 13,7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Hasil Belajar, Akidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2022 04:12
Last Modified: 11 Feb 2022 04:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6719

Actions (login required)

View Item View Item