Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Android Menggunakan Microsoft Powerpoint 2010 Materi Statiatika Kelas VII

Aini, Ida Nur (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Android Menggunakan Microsoft Powerpoint 2010 Materi Statiatika Kelas VII. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (463kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (252kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (616kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (924kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (696kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (465kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan Microsoft Powerpoint materi statistika di MTs Hasan Kafrawi 2. (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan Microsoft Powerpoint pada materi statistika. Penelitian ini menggunakan 9 langkah dalam pengembangan produk yang akan dibuat. Penelitian ini dimulai dengan mencari potensi dan masalah, kemudian mengumpulkan informasi dan membuat desain produk. Lalu divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan dinilai oleh pengguna dan kemudian merevisi produk apabila ada masukan dan kritikan. Apabila produk sudah termasuk dalam kategori sangat layak, produk siap duiji coba dalam skala besar. Setelah produk selesai dibuat, kemudian divalidasi oleh beberapa ahli, yaitu ahli materi dan ahli media. Untuk validasi ahli materi dilakukan sebanyak 1 kali dan mendapat jumlah skor 168 dengan rata-rata skor 84 dan dengan rentang skor X > 83,994 maka media pembelajaran termasuk kategori “Sangat Layak”. Kemudian media pembelaaran divalidasi oleh ahli media dilakukan sebanyak dua kali. Hasil validasi ahli media tahap 1 mendapatkan jumlah skor 138 dengan rata-rata skor 69 dengan rentang skor 67,998 < X ̅ ≤ 83,994 maka termasuk dalam kategori “Layak”. Setelah dilakukan perbaikan desain produk, kemudian di validasi kembali oleh ahli media tahap dua yang mendapatkan jmlah skor 165 dengan rata-rata skor 82,5 maka dengan rentang skor 67,998 < X ̅ ≤ 83,994 media pembelajaran termasuk dalam kategori “Layak”. Setelah para ahli menyatakan media pembelajaran sudah bisa digunakan dalam pembelajaran, maka peneliti melakukan uji coba produk dalam skala kecil yang berjumlah 6 peserta didik dari Mts Hasan Kafrawi kelas VII. Hasil penilaian uji coba skala kecil mendapatkankan jumlah skor 558 dengan rata-rata skor 93, maka dengan rentang skor X > 83,994 media pembelajaran termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Setelah diuji coba dalam skala kecil, kemudian media pembelajaran diuji coba dalam skala besar yaitu dari peserta didik kelas VII MTs Hasan Kafrawi 2 sebanyak 47 peserta didik. Penelitian telah berhasil mengembangkan media pembelajaran matematika dengan skor rata-rata 88,1 dan dengan rentang skor X > 83,994 maka media pembelajaran termasuk dalam kategori “Sangat Layak” sehingga produk sudah dapat digunakan sebagai media pembelajaran kelas VII materi statistika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Microsoft Powerpoint, Statistika
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
600 Ilmu Terapan/Teknologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:40
Last Modified: 10 Mar 2022 03:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6729

Actions (login required)

View Item View Item