Rozaq, Muhammad Khoirur (2021) Implementasi Strategi Bersaing Berbasis Just In Time Dalam Meningkatkan Produktivitas Perusahaan Perspektif Manajemen bisnis Syari’ah di Toko B’lian Cake Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (497kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (353kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (625kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (725kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (443kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (865kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (431kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (436kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sistem Just In Time pada Toko B’lian Cake Kudus dalam usaha untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan interview, observasi dan dokumentasi. Adapun jenis metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan penelitian lapangan (field research). Subyek dari penelitian ini adalah pemilik home industry B’lian Cake dan beberapa informan dari karyawan dan masyarakat sekitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan implementasi sistem Just In Time pada sistem pembelian dan sistem produksi, dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Implementasi sistem Just In Time Purchasing secara langsung dapat memberikan dampak yang besar terhadap efisiensi biaya dan produktivitas, serta dapat menekan biaya penyimpanan. Sedangkan implmentasi sistem Just In Time Production mampu menekan aktivitas yang tidak menambah nilai (non value added) atau meningkatkan manufacturing cycle efficiency. Meningkatnya MCE disebabkan semakin kecilnya aktivitas yang tidak menambah nilai (non value added) pada proses produksi. Dengan meningkatnya MCE akibat hilangnya aktivitas yang tidak menambah nilai. maka penerapan sistem Just In Time Production mampu meningkatkan produktivitas perusahaan. Yang terakhir merupakan perspektif manajemen bisnis syari’ah yang pada dasarnya strategi bersaing merupakan suatu hal yang harus ada dalam melakukan suatu bisnis. Dengan catatan tidak melanggar sesuatu yang bertentangan dengan ajaran islam. Para pelaku bisnis beranggapan bisnis merupakan sebuah muamalah yang diniatkan semata-mata bekerja atau mencari ridho Allah yang mana pasti tidak jauh dengan ketentuan-ketentuan syari’at islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Bersaing, Just In Time, Perspektif Manajemen Bisnis Syari’ah |
Subjects: | Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis Bisnis |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 10 Mar 2022 03:44 |
Last Modified: | 10 Mar 2022 03:44 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6730 |
Actions (login required)
View Item |