Pengaruh Media E-Comic Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih (Zakat) Kelas V di MIN 1 Jepara

Hijriyah, Reza Zainurotul Lailatul (2021) Pengaruh Media E-Comic Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih (Zakat) Kelas V di MIN 1 Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (549kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (553kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (557kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (348kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan memecahkan masalah peserta didik pada pembelajaran fikih materi zakat kelas 5 di MIN 1 Jepara, Untuk mengetahui pengaruh media e-comic terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik materi pada pembelajaran fikih materi zakat kelas 5 di MIN 1 Jepara, dan Untuk mengetahui besarnya pengaruh media e-comic terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik pada pembelajaran fikih materi zakat kelas 5 di MIN 1 Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V di MIN 1 Jepara, sekaligus menjadi sampel penelitian yang berjumlah 59 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes dan observasi. Instrumen yang digunakan sudah di uji cobakan kepada 23 anak nonresponden dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, dan uji daya beda soal . Hasil uji validitas rhitung lebih besar dari rtabel (0.413). Serta hasil uji reliabilitas memiliki nilai Cronbach’s Alpha yang lebih besar dari 0,60. Sedangkan, metode analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil penelitian penggunaan media e-comic di MIN 1 Jepara sangat baik dengan memiliki nilai rata-rata sebesar 65,32 nilai kemampuan memecahkan masalah siswa V 2 dengan media e-comic. Jumlah keseluruhan pada pretest diperoleh 1210 dengan jumlah nilai tertinggi 60 dan jumlah nilai terendah 20 dan memiliki rata-rata 41,72. Sedangkan nilai posttest kemampuan memecahkan maslah siswa meningkat. Adapun jumlah keseluruhan nilai posttest adalah 2300, jumlah nilai tertinggi 95, jumlah nilai terendah 50, dan memiliki rata-rata 78,97. Kemudian media e-comic berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan memecahkan masalah pada mata pelajaran fikih (zakat) kelas V 2 di MIN 1 Jepara Tahun Ajaran 2020/2021.Dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel(2,582> 2,052). Dan media e-comic telah memberikan kontribusi sebesar 19,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media e-comic, kemampuan memecahkan masalah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Mar 2022 02:46
Last Modified: 15 Mar 2022 02:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6749

Actions (login required)

View Item View Item