Analisis Kelayakan Buku Teks Mata Pelajaran Al-Qur'an dan Hadits Kelas VII Madrasah Tsanawiyah

Masrikin, Ali (2021) Analisis Kelayakan Buku Teks Mata Pelajaran Al-Qur'an dan Hadits Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (508kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (448kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (706kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (446kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (753kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (324kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (515kB)

Abstract

Masalah penting yang sering dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran adalah memilih buku teks sebagai bahan ajar yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku teks mata pelajaran Al- Qur'an dan Hadits Kelas VII Madrasah Tsanawiyah terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri dilihat dari aspek teknik penyajian dan kelengkapan penyajian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research yaitu suatu bentuk penelitian yang sumber datanya diperoleh dari kepustakaan. Penelitian ini bersifat analisis deskriptif, yaitu dengan menganalisis obyek penelitian dan kemudian mendeskripsikannya apa adanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kelayakan penyajian dari aspek teknik penyajian meliputi tiga subkomponen yaitu sistematika penyajian, keruntutan penyajian, dan keseimbangan antar bab. Dalam buku teks ini, indikator-indikator pada teknik penyajian sudah terpenuhi kecuali pada bagian keruntutan penyajian, yang masih terdapat alur berpikir deduktif-induktif serta pada keseimbangan antar bab dan antar subbab ada yang tidak seimbang. Kedua, dari aspek aspek kelengkapan penyajian. Kelengkapan penyajian terdiri dari tiga subkomponen yaitu bagian pendahulu, bagian isi, dan bagian penyudah. Pada aspek kelengkapan penyajian, dalam buku teks ini ada indikator yang tidak terpenuhi yaitu pada bagian penyudah yang paling akhir, tepatnya tidak adanya petunjuk pengerjaan (hint) atau jawaban soal latihan. Dari hasil penelitian tentang Analisis Kelayakan Buku Teks Mata Pelajaran Al- Qur'an dan Hadits Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, diperoleh hasil bahwa dalam buku teks tersebut ada beberapa indikator kelayakan penyajian yang tidak terpenuhi, sehingga diharapkan ada perbaikan pada bagian-bagian tertentu. Seperti pada bagian petunjuk pengerjaan (hint) atau jawaban soal latihan terpilih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kelayakan Buku Teks Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadits, Teknik Penyajian, dan Kelengkapan Penyajian
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Hadits dan Ilmu yang berkaitan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Mar 2022 07:33
Last Modified: 16 Mar 2022 07:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6794

Actions (login required)

View Item View Item