Masruroh, Siti (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PLAY BASED ACTIVITES DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN DAYA PIKIR KREATIF SISWA DI KB BAHRUL ULUM KUDUS TAHUN 2015. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB 4.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB 5.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan melihat secara nyata implementasi Pendekatan Play Based Activites dalam meningkatkan keterampilan sosial dan daya pikir kreatif siswa di KB Bahrul Ulum Kudus. Fokus penelitian ini dijabarkan menjadi pertanyaan; magaimana implementasi pendekatan Play Based Activites dalam meningkatkan keterampilan sosial dan daya pikir kreatif siswa di KB Bahrul Ulum Kudus? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian riset lapangan (field research), metode deskriptif analityc, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan dengan tiga metode yaitu metode wawancara (semi struktur), metode observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles and Huberman dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Adapun lokasi penelitian adalah di KB Bahrul Ulum Perumahan Megawon Indah Jati Kudus. Hasil penelitiannya sebagai berikut: pertama, pelaksanaan pendekatan play based activities di KB Bahrul Ulum sudah berjalan efektif, hal ini karena pendekatan tersebut telah memberikan kontribusi positif dalam mendukung tumbuh kembang anak. Pendekatan play based activities di KB Bahrul Ulum Perumahan Megawon Indah Kudus meningkatkan keterampilan sosial siswa, hal ini dilihat dari indikator: a) meningkatnya perkembangan kepribadian dan identitas, b) meningkatnya kemampuan diri terutama dalam cara berkomunikasi, c) Meningkatkan kualitas hubungan dengan lingkungan sekitar, khususnya dengan guru, dengan teman, dan orang tua, d) memperkaya kosa kata; Kedua, implementasi pendekatan play based activities dalam meningkatkan daya pikir kreatif siswa di KB Bahrul Ulum dapat dilihat dari indikator siswa menjadi lebih kreatif dalam memecahkan masalah-masalah sederhana yang ia hadapi (misal bagaimana memberi warna yang baik pada sebuah gambar, bagaimana menyusun sebuah bangunan, dan bagaimana ia bermajinasi menjadi sebuah peran sebagai ibu), mendapatkan sesuatu yang baru (baru bagi dirinya) dan membuat hal-hal baru yang sederhana (misal mengisi lagu yang kosong atau mengisi dengan kalimat yang baru). Melalui empat jenis sentra yang ada di KB Bahrul Ulum, memberikan dampak yang besar bagi perkembangan kreatifitas siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan play based activities; keterampilan sosial; daya pikir kreatif |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Feb 2017 05:36 |
Last Modified: | 18 Feb 2017 05:36 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/682 |
Actions (login required)
View Item |