Model Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di MTs NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus

Huda, Noor Muhammad Asyrofil (2022) Model Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di MTs NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (870kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (815kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (298kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (584kB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan model pembelajaran daring dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus. 2) Kendala yang dihadapi pada pelaksanaan model pembelajaran daring dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus. 3) Solusi yang digunakan untuk mengatasi kendala pada pelaksanaan model pembelajaran daring dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di MTs NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru fikih kelas VIII, kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, dan siswa siswi MTs NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama, pelaksanaan model pembelajaran daring mata pelajaran fikih kelas VIII menggunakan model daring total, menggunakan WhatsApp, E Learning madrasah, dan Google Form. Kedua, kendala yang dihadapi meliputi rendahnya semangat belajar dan keaktifan peserta didik, kesulitan pemahaman materi tertentu oleh peserta didik dan penggunaan kuota yang besar. Ketiga, solusi untuk kendala yang dihadapi, berkomunikasi dengan siswa dan orang tua melalui media komunikasi, mempersilahkan peserta didik bertanya melalui chat dan browsing terkait materi yang belum dipahami, dan pemberian bantuan kuota.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Daring, Prestasi Belajar, E Learning madrasah, WhatsApp, Fikih, Manajemen Pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Mar 2022 07:19
Last Modified: 17 Mar 2022 07:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6827

Actions (login required)

View Item View Item