Analisis Strategi Pengembangan Produk Ar-Rum Haji Dengan Pendekatan Bisnis Model Canvas Di Pegadaian (Unit Pelayanan Syariah Pasar Bintoro Demak)

Fida, Zaim (2022) Analisis Strategi Pengembangan Produk Ar-Rum Haji Dengan Pendekatan Bisnis Model Canvas Di Pegadaian (Unit Pelayanan Syariah Pasar Bintoro Demak). Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER DAN PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (711kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui mekanisme pembiayaan produk ar-rum haji di pegadaian unit pelayanan Syariah demak, 2) Untuk mengetahui model bisnis produk ar-rum haji di pegadaian unit pelayanan Syariah pasar bintoro demak dengan pendekatan bisnis canvas model (BMC), 3) Untuk menganalisis strategi pengembangan produk ar-rum haji di pegadaian unit pelayanan Syariah pasar bintoro demak Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penilitaina yang peneliti gunakan adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara wawancara pihak pegadaian unit pelayanan Syariah pasar bintoro demak dan penyebaran kuesioner, penelitian ini membahas Sembilan elemen business model canvas (BMC) dengan melakukan beberapa tahapan yaitu analisa internal dan eksternal menggunakan matrik IFAS, EFAS serta analisis SWOT untuk mendapatkan strategi yang sesuai dengan pengembangan produk ar-rum haji di pegadaian unit pelayanan Syariah pasar bintoro demak. Dari pembahasan dan pemaparan analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa hasil dari perhitungan IFAS dan EFAS masing-masing mendapatkan total skor yang didapatkan sebesar 3.20 dari perhitungan IFAS dan total skor yang sebesar 3.49 dari perhitungan EFAS. Itu artinya dari hasil perhitungan tersebut bila dikonversikan ke dalam diagram matrik IE maka berada di kuadran I yang artinya pegadaian syariah berada pada fase ‘’Strong’’ Dengan demikian kondisi Pegadaian unit pelayanan Syariah pasar bintoro demak saat ini terbilang cukup baik dan dapat terus berkembang kedepannya. Dan hasil analisis SWOT dan pemetaan Sembilan elemen business model canvas (BMC) perlu adanya perluasan di custumer relationship yaitu menambah jaringan agen atau mitra pegadaian Syariah dan Customer segment yaitu konsumen yang menggunakan social media dan bekerjasama dengan marketplace untuk memudahkan proses transaksi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Ar-Rum Haji, Bisnis Model Canvas, Matrik Ifas & Efas
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis
Bisnis

600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah (ES)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Mar 2022 01:39
Last Modified: 18 Mar 2022 01:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6830

Actions (login required)

View Item View Item