Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Irsyad Kudus 2020/2021

Shofiyah, Shofiyah (2022) Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Irsyad Kudus 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (381kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (349kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (541kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (753kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (397kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (555kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (365kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bentuk-bentuk layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kualitas hafalan santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Irsyad Kudus Tahun 2020/2021. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kualitas hafalan santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Irsyad Kudus Tahun 2020/2021. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), kemudian pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan sumber datanya adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap lembaga yang tekait yaitu Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Irsyad Kudus. Adapun pengambilan sampling informan menggunakan non probability sampling dengan pemilihan informan menggunakan purposive sampling dengan jumlah informan 5 orang, yaitu: pengasuh sekaligus pembimbing, pengajar atau pembimbing, pengurus sekaligus selaku santri. Pengujian keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan, triangulasi, menggunakan bahan referensi. Sedangkan dalam teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kualitas hafalan santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Irsyad Kudus Tahun 2020/2021 adalah sebagai berikut: 1) Bimbingan menghafal melalui wiridan Al-Qur’an, 2) Bimbingan makhorijul huruf dan tajwid secara teori maupun praktik, 3) Bimbingan muroja’ah dengan pemantauan langsung secara berkala melalui kegiatan mudarosah, 4) Bimbingan kelompok melalui rekapan perolehan hafalan secara berkala melalui data 5) Bimbingan one day 3 juz dengan pemantauan secara berkala melalui data untuk memudahkan santri dalam menambah hafalan serta menjaga kualitas hafalan. Adapun faktor pendukung layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kualitas hafalan santri yaitu: 1) Adanya matematika tahfidz, 2) Kenyamanan tempat menghafal, 3) Adanya santri yang sudah mempunyai hafalan sebelum masuk ke PPTQ Al-Irsyad Kudus sehingga dapat menunjang kecepatan hafalan serta kualitas hafalan santri. Sedangkan faktor penghambat layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kualitas hafalan santri yaitu: 1) Naik turunnya semangat santri karena tingginya target yang diberikan pesantren kepada santri, 2) Terbaginya waktu dan konsentrasi santri dikarenakan santri tidak hanya menghafal akan tetapi banyak juga diantaranya yang mengikuti pendidikan formal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Kualitas Hafalan Santri
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:40
Last Modified: 18 Mar 2022 03:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6851

Actions (login required)

View Item View Item